Show simple item record

dc.contributor.authorTani, Sekar
dc.contributor.authorKolis, Fatma Roudhotul Rafida
dc.contributor.authorKhoirunika, Siti
dc.date.accessioned2016-11-17T06:40:50Z
dc.date.available2016-11-17T06:40:50Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationFoster, Bob. (2014). Akselerasi Fisika Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga. Hikmawati, dkk. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Tekno Pedagogi, Volume(3), 2088-205X. Diakses dari online-joural.unja.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2238 Karimah, Rifqi F. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume (2), 2338-0691. Diakses dari jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/3728 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Kurikulum 2013. Diakses dari http://www.pendidikandiy.go.id/file/mendiknas/kurikulum-2013-kompetensi-dasar-smp-ver-3-3-2013.pdf Marpaung, A. Muzi. (2008). Pemanasan Global. Solo: Tiga Serangkai. Nugroho, Aris P. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume (1), 23380691. Diakses dari download.portalgaruda.org/article.php?article=141246&val=5821 Wikipedia Bahasa Indonesia. (2016, Maret). CorelDRAW. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/CorelDRAWin_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7988
dc.description.abstractFenomena pemanasan global merupakan isu lingkungan yang sampai saat ini masih menjadi pokok permasalahan seluruh negara di dunia. Dalam proses mengurangi dampak pemanasan global, pemerintah Indonesia memasukkan isu ini dalam kurikulum pendidikan sekolah menengah sebagai salah satu kompetensi dasar. Tujuan pembuatan pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif berupa permainan ular tangga fisika pada materi pemanasan global untuk siswa SMP kelas VII semester 2, sehingga siswa lebih antusias dan dapat memahami materi dengan mudah. Prosedur pembuatan media pembelajaran permainan ular tangga fisika terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) pembuatan peta konsep, (2) pembuatan peta kompetensi, (3) pembuatan desain papan ular tangga, (4) pembuatan papan ular tangga, (5) pembuatan dadu, (6) pembuatan pion, (7) pembuatan kartu pertanyaan, (8) pembuatan kartu bonus, (9) pembuatan kartu hukuman, (10) pembuatan peraturan permainan dan penskoran. Pembuatan desain papan ular tangga, kartu pertanyaan, kartu bonus dan kartu hukuman menggunakan software CorelDRAW X7. Pembuatan peta konsep dan peta kompetensi menggunakan software Microsoft Word didasarkan pada kurikulum 2013. Pembuatan pion dan dadu dibuat secara manual. Desain papan ular tangga ukuran 30 x 30 cm dan dicetak dengan menggunakan art paper. Papan ular tangga berukuran 30 x 30 cm dibuat menggunakan kayu LDR yang ramah lingkungan. Hasil pembuatan pengembangan media pembelajaran ini adalah permainan ular tangga fisika sebagai media pembelajaran fisika pada materi pemanasan global untuk siswa kelas VII semester 2. Implikasi dari penerapan media ini dalam pembelajaran adalah siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif mengurangi dampak pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpemanasan globalin_ID
dc.subjectmedia pembelajaranin_ID
dc.subjectular tanggain_ID
dc.titlePembuatan Permainan Ular Tangga Fisika sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa SMPin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record