dc.contributor.author | Tani, Sekar | |
dc.contributor.author | Kolis, Fatma Roudhotul Rafida | |
dc.contributor.author | Khoirunika, Siti | |
dc.date.accessioned | 2016-11-17T06:40:50Z | |
dc.date.available | 2016-11-17T06:40:50Z | |
dc.date.issued | 2016-05-21 | |
dc.identifier.citation | Foster, Bob. (2014). Akselerasi Fisika Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga. Hikmawati, dkk. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Tekno Pedagogi, Volume(3), 2088-205X. Diakses dari online-joural.unja.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2238 Karimah, Rifqi F. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume (2), 2338-0691. Diakses dari jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/3728 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Kurikulum 2013. Diakses dari http://www.pendidikandiy.go.id/file/mendiknas/kurikulum-2013-kompetensi-dasar-smp-ver-3-3-2013.pdf Marpaung, A. Muzi. (2008). Pemanasan Global. Solo: Tiga Serangkai. Nugroho, Aris P. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume (1), 23380691. Diakses dari download.portalgaruda.org/article.php?article=141246&val=5821 Wikipedia Bahasa Indonesia. (2016, Maret). CorelDRAW. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/CorelDRAW | in_ID |
dc.identifier.issn | 2557-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7988 | |
dc.description.abstract | Fenomena pemanasan global merupakan isu lingkungan yang sampai saat ini masih menjadi
pokok permasalahan seluruh negara di dunia. Dalam proses mengurangi dampak pemanasan
global, pemerintah Indonesia memasukkan isu ini dalam kurikulum pendidikan sekolah menengah
sebagai salah satu kompetensi dasar. Tujuan pembuatan pengembangan media pembelajaran ini
adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif berupa permainan ular tangga
fisika pada materi pemanasan global untuk siswa SMP kelas VII semester 2, sehingga siswa lebih
antusias dan dapat memahami materi dengan mudah. Prosedur pembuatan media pembelajaran
permainan ular tangga fisika terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) pembuatan peta konsep, (2)
pembuatan peta kompetensi, (3) pembuatan desain papan ular tangga, (4) pembuatan papan ular
tangga, (5) pembuatan dadu, (6) pembuatan pion, (7) pembuatan kartu pertanyaan, (8) pembuatan
kartu bonus, (9) pembuatan kartu hukuman, (10) pembuatan peraturan permainan dan penskoran.
Pembuatan desain papan ular tangga, kartu pertanyaan, kartu bonus dan kartu hukuman
menggunakan software CorelDRAW X7. Pembuatan peta konsep dan peta kompetensi
menggunakan software Microsoft Word didasarkan pada kurikulum 2013. Pembuatan pion dan
dadu dibuat secara manual. Desain papan ular tangga ukuran 30 x 30 cm dan dicetak dengan
menggunakan art paper. Papan ular tangga berukuran 30 x 30 cm dibuat menggunakan kayu LDR
yang ramah lingkungan. Hasil pembuatan pengembangan media pembelajaran ini adalah
permainan ular tangga fisika sebagai media pembelajaran fisika pada materi pemanasan global
untuk siswa kelas VII semester 2. Implikasi dari penerapan media ini dalam pembelajaran adalah
siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif mengurangi dampak pemanasan global dalam
kehidupan sehari-hari. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | pemanasan global | in_ID |
dc.subject | media pembelajaran | in_ID |
dc.subject | ular tangga | in_ID |
dc.title | Pembuatan Permainan Ular Tangga Fisika sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa SMP | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |