Pemanfaatan Lahan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup
Abstract
Pemanfaatan lahan sekolah sebagai sumber belajar merupakan salah satu strategi dalam menyampaikan
materi kepada siswa dimana tujuannya agar siswa termotivasi dalam belajar dan tujuan akhir yaitu meningkatkan
hasil belajar siswa, selain itu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan keingintahuan,
terlibat dalam proses analisis dan eksplorasi yang kreatif mencari jawaban, serta terlibat dalam proses
pengambilan kesimpulan yang sehat. Penelitian dilakukan pada dua kelas (kelas kontrol dan kelas eksperimen),
kelas VII SMP Ar-rahman Kota Bekasi. Teknik pengambilan sample menggunakan random sampling, materi
pembelajaran klasifikasi makhluk hidup terfokus pada kingdom Plantae, dalam penelitian ini hasil belajar siswa
yang diteliti yaitu ranah afektif dan ranah kognitif, dimana ranah afektif data yang didapat dari sikap siswa
selama proses pembelajaran, sedangkan ranah kognitif diperoleh dengan menggunakan instrument soal kognitif
Taksonomi Bloom Revisi (C1-C5), soal diberikan kepada siswa sebelum pembelajaran (pre-test) dan sesudah
pembelajaran (post-test). Pada siswa kelas eksperimen, siswa menunjukkan peningkatan kemampuan
koognitifnya beralih ke fase transisi, bahkan ada beberapa siswa memasuki fase formal, sedangkan untuk kelas
kontrol kemampuan kognitifnya signifikan. Untuk kemampuan afektif ranah sikap siswa selama proses
pembelaran terlihat sangat jelas kelas eksperimen lebih tinggi nilai rata-rata sikapnya dibandingkan kelas
kontrol. Dari hasil penelitian terlihat sangat jelas bahwa sumber belajar yang tepat untuk menyampaikan materi
tertentu akan meningkatkan hasil belajar siswa.