Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Berbantuan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Siswa SMP Kota Malang
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Mardiana
Irawati, Mimien Henie
Sueb
Susilowati
Budianingsih, Endang
Metadata
Show full item recordAbstract
Bahan ajar memiliki peran sangat penting bagi guru, siswa, serta pada kegiatan pembelajaran. Salah
satu jenis bahan ajar yang dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam belajar adalah modul.
Modul merupakan salah satu bahan ajar yang disajikan secara sistematis sehingga penggunanya
dapat belajar dengan atau tanpa guru. Dengan demikian modul dapat dijadikan bahan ajar untuk
belajar mandiri dan menjadikan pembelajaran semakin bermakna sehingga dapat membantu siswa
mencapai kompetensi belajar. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menggunakan bahan
ajar berupa modul program KRPL berbantuan PBM. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menyusun
modul Program KRPL berbantuan PBM untuk siswa sekolah menengah pertama (2) menguji
kelayakan modul Pogram KRPL berbantuan PBM melalui uji validasi oleh ahli materi ahli modul,
dan praktisi pendidikan (3) menguji kepraktisan modul program KRPL berbantuan PBM melalui
uji coba pendahuluan oleh siswa. Pengembangan modul program KRPL berbantuan PBM
menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Desagn, Develop, Implement, Evaluasi).
Hasil validasi ahli materi sebesar 90,5% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli modul
sebesar 82,4% dengan kategori sangat valid, Hasil praktisi pendidikan di lapangan sebesar 96,0%
dengan kategori sangat valid, dan uji pendahuluan sebesar 89,9% dengan kategori sangat valid.
Berdasarkan hasil uji validasi dan uji pendahuluan dapat disimpulkan bahwa modul program
KRPL berbantuan PBM sangat layak dan praktis diterapkan pada pembelajaran untuk siswa SMP
Kota Malang.