• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksplorasi Kemampuan Awal Literasi Biologi Siswa Kelas X SMAN 7 Malang

    Thumbnail
    View/Open
    108.pdf (535.4Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Mahardika, Eka Arum Sasi
    Suwono, Hadi
    Indriwati, Sri Endah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ada abad 21, sains mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai permasalahan di kehidupan sehari-hari tidak lepas dari sains, sehingga penting sekali untuk melatih kemampuan literasi sains pada siswa. Berdasarkan studi PISA tahun 2012 dapat diketahui bahwa literasi sains Indonesia tergolong rendah, yaitu berada pada peringkat 64 dari 65 negara. Biologi merupakan salah satu salah satu cabang ilmu dari sains. Biologi berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari, seperti makanan, kesehatan, lingkungan, interaksi makhluk hidup, dan lain sebagainya. Penting sekali untuk memiliki kemampuan literasi biologi untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan hal ini, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan awal literasi biologi siswa. Literasi biologi dapat diukur melalui tes. Tes tersebut berupa essay yang dijawab oleh siswa. Jawaban dinilai berdasarkan skala literasi biologi yaitu terdiri dari illiteracy, nominal, functional, conceptual, dan multidimensional. Studi ini merupakan bagian dari studi eksperimen untuk meningkatkan kemampuan literasi biologi siswa SMA. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 7 Malang. Kemampuan awal literasi biologi yang dianalisis merupakan kemampuan literasi biologi siswa sebelum diterapkan suatu strategi pembelajaran yang diduga dapat berpengaruh terhadap kemampuan literasi biologi siswa. Terdapat 7 soal yang diberikan kepada siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa jawaban siswa paling banyak terdapat pada skala functional dengan persentase sebesar 68,78%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8005
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV