Pengembangan Blended Learning di Pendidikan Biologi FKIP UMS: Prospek dan Tantangannya
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Sugiharto, Bowo
Corebima, Aloysius Duran
Susilo, Herawati
Ibrohim
Metadata
Show full item recordAbstract
Keterampilan abad-21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat hidup layak di abad-21. Salah satu keterampilan abad-21 adalah penguasaan Teknologi Info-masi dan Komunikasi (TIK). Implikasi strategis TIK di dunia pendidikan adalah pada proses pembelajaran baik sebagai wahana maupun model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan un-tuk mendeskripsikan peluang pengembangan blended learning sebagai salah satu implementasi TIK dalam pembelajaran di Pendidikan Biologi FKIP UMS. Penelitian survey dilakukan ter-hadap mahasiswa Pendidikan Biologi UMS sebanyak 116 mahasiswa. Analisis dilakukan secara deskriptif yaitu menggambarkan keadaan sesungguhnya baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa blended learning (BL) berpotensi untuk dikembangkan di Pendidikan Biologi FKIP UMS. Pengembangan BL didukung oleh kondisi bahwa sebagian besar mahasiswa sudah terbiasa berinteraksi dengan internet khususnya dalam penggunaan media sosial serta sebagian mata kuliah sudah memanfaatkan internet sebagai wahana perkuliahan. Tantangan yang dihadapi dalam rangka pengembangan ini adalah penyediaan server yang memadai serta penguasaan teknis bagi dosen.