Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Ardiansyah, Reza
Corebima, Aloysius Duran
Rohman, Fatchur
Metadata
Show full item recordAbstract
Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran yang dapat membantu
kelancaran belajar mahasiswa. Matakuliah genetika merupakan matakuliah yang diajarkan di
Universitas Negeri Malang pada jenjang S1 program studi Biologi maupun Pendidikan Biologi.
Bahan ajar yang ada saat ini memiliki kelemahan antara lain bahasa dan konsep-konsep penting
yang harus dikuasai kurang dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa, sehingga perlu adanya
bahan ajar yang menyajikan konsep penting yang dapat dipelajari secara mandiri. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bahan ajar yang perlu dikembangkan pada topik Perubahan
Materi Genetik matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi angkatan
2013 Universitas Negeri Malang. Sampel dipilih secara acak sebanyak 20 mahasiswa. Data
dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi proses perkuliahan genetika dan angket
mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa pustaka yang digunakan dalam perkuliahan
Genetika selama ini masih merupakan sumber-sumber lama berbahasa asing sehingga diperlukan
bahan ajar baru yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman konsep genetika
lebih baik lagi. Hasil analisis angket kebutuhan pengembangan bahan ajar menunjukkan bahwa
mahasiswa membutuhkan bahan ajar berbahasa Indonesia yang mudah dipahami, dilengkapi
dengan gambar-gambar yang menunjang materi pembelajaran, berisi tentang temuan terbaru yang
berkaitan dengan materi pembelajaran, serta terdapat glosarium yang berisi istilah-istilah dalam
bidang genetika. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu
dikembangkan bahan ajar berupa modul. Modul dipilih karena dapat memfasilitasi mahasiswa
untuk belajar, baik dengan pendidik maupun secara mandiri. Modul merupakan bahan ajar yang
dikemas secara utuh dan skematis. Studi ini juga merupakan bagian dari studi pengembangan
modul sebagai bahan ajar pada topik Perubahan Materi Genetik matakuliah Genetika di
Universitas Negeri Malang.