Analisis Kebutuhan Buku Ajar Berbasis Penelitian Materi Filogenetik Molekuler untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Jember Berdasarkan Model Pengembangan Addie
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Nuha, Ulin
Amin, Mohamad
Lestari, Umie
Metadata
Show full item recordAbstract
Filogenetik molekuler merupakan salah satu pokok bahasan dalam mata kuliah Evolusi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan buku ajar mata kuliah Evolusi
materi filogenetik molekuler untuk mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas
Jember yang selanjutnya dijadikan pijakan untuk pengembangan buku ajar. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tahapan analisis merujuk pada tahap Analyze dalam
model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket,
observasi, dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman mahasiswa
tentang filogenetik molekuler masih kurang, (2) salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman
mahasiswa mengenai teknik memperoleh data molekuler adalah dengan menyediakan buku ajar
berbasis penelitian yang dilengkapi dengan informasi mengenai teknik analisis biologi molekuler,
(3) dalam pengembangan buku ajar perlu ditambahkan contoh yang kontekstual berupa hasil
penelitian terkini agar mahasiswa dapat mengaitkan konsep filogenetik molekuler yang dipelajari
secara teoritis dan mengaitkannya dengan contoh yang kontekstual sehingga pembelajaran menjadi
lebih bermakna, (4) untuk pengembangan buku ajar sebaiknya menggunakan sumber literatur
terbitan 10 tahun terakhir