dc.identifier.citation | Amin, M. (2003). Characterization and application of molecular marker in the Pecking duck and other waterfowl species. Goettingen: Cuviller Verlag. Amin, M., Suarsini, E., Lestari, U., Azmi, I., dan Gofur, A. (2015). Phylogenetic analysis of local endemic buffalo (Bubalus bubalis) based on cytochrome b gene in central Indonesia. Makalah seminar internasional Green Technology UIN MAULANA MALIK IBRAHIM. Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science + Bussines Media, LLC. Departmen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Pembelajaran Guru. Diakses dari http://gurupembaharu.com/.../Panduan-Pengembangan-Bahan-Pelajaran.doc//. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2011). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Diakses dari http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/ uploads/2011/12/sosialisasi-kkni-nasional-dikti.pdf Kurniawan, K. (2005). Panduan Penulisan Buku Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Parmin dan Peniati, E. (2012). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume 1 (JPII 1(1) (2012) 8-15). Diakses dari http://journal.unnes.ac.id/ index.php/jpii// Primiani, C.A. (2014). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Penelitian Bahan Alam LOkal sebagai Estrogenik pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014. ISBN 978-602-096000-5. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press. Teletchea, F. (2009). Molecular identification method of fish species: reassamenr and possible aplications. Rev Fish Biol Fisheries, Volume 19: 265-293. Widayati, D.T, Luknanto, D., Rahayuningsih, E., Sutapa, G., Harsono., Sanayaningsih, R.P., Sajarwa. (2010). Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset. Yogyakarta: Universitas Jogjakarta. | in_ID |
dc.description.abstract | Filogenetik molekuler merupakan salah satu pokok bahasan dalam mata kuliah Evolusi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan buku ajar mata kuliah Evolusi
materi filogenetik molekuler untuk mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas
Jember yang selanjutnya dijadikan pijakan untuk pengembangan buku ajar. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tahapan analisis merujuk pada tahap Analyze dalam
model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket,
observasi, dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman mahasiswa
tentang filogenetik molekuler masih kurang, (2) salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman
mahasiswa mengenai teknik memperoleh data molekuler adalah dengan menyediakan buku ajar
berbasis penelitian yang dilengkapi dengan informasi mengenai teknik analisis biologi molekuler,
(3) dalam pengembangan buku ajar perlu ditambahkan contoh yang kontekstual berupa hasil
penelitian terkini agar mahasiswa dapat mengaitkan konsep filogenetik molekuler yang dipelajari
secara teoritis dan mengaitkannya dengan contoh yang kontekstual sehingga pembelajaran menjadi
lebih bermakna, (4) untuk pengembangan buku ajar sebaiknya menggunakan sumber literatur
terbitan 10 tahun terakhir | in_ID |