Pembelajaran Berbasis Proyek Tentang Pencemaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Ismawati, Tuti
Rahman, Taufik
Nurjhani, Mimin
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek tentang
pencemaran dalam meningkatan kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah weak experiment dengan desain penelitian The One-Group Pretest-Postest
Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah AL IRFAN Tanjungsari Sumedang.
Sampel penelitiannya adalah siswa kelas X- Mia Madrasah Aliyah AL IRFAN Tanjungsari Sumedang.
Pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes berupa soal pilihan ganda dan uraian. Tes terdiri dari tes
pemahaman konsep, tes kemampuan berfikir kreatif, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil
analisis data pretest dapat disimpukan bahwa 1) kemampuan pemahaman konsep siswa baru mencapai 68,85%
(Tinggi) ; 2) kemampuan berfikir kreatif siswa baru mencapai 62,5 % (Tinggi) ; 3) kemampuan pemecahan
masalah siswa mencapai 40% (rendah) ; 4) pembelajaran tertentu harus diterapkan agar dapat meningkakan
kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah.