Show simple item record

dc.contributor.authorIsmawati, Tuti
dc.contributor.authorRahman, Taufik
dc.contributor.authorNurjhani, Mimin
dc.date.accessioned2016-12-15T01:47:51Z
dc.date.available2016-12-15T01:47:51Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi.(2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara. 5. Bappeda Sumedang (2015). Permasalahan Sampah Di Kabupaten Sumedang [online]. Tersedia di: http://bappeda.sumedangkab.go.id . diakses tanggal 19 januari 2015 Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum 2006 KTSP. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang. Depdikbud. Fraenkel, R. J., Wallen, E.N., dan Hyun, H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Sanfransisco: Mc Graw Hill Global School Net.( 2000). Introduction to Networked Project-Based Learning. http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.htm. Diakses tanggal 23 November 2013. Gulbahar Yasemin dan Tinmaz Hasan (2006). Implementing Project-Based Learning And E-Portfolio Assessment In an Undergraduate Course. Journal of Research on Technology in Education , ISTE (International Society for Technology in Education), 1.800.336.5191 (U.S. & Canada) or 1.541.302.3777 (Int’l), iste@iste.org, www.iste.org. Diakses 9 Desember 2015 Hwa Kyung Lee. (2005). The Relationship between creative thinking ability and creative personality of preschoolers. International Education Journal, 6(2), hlm. 194-199.Tersedia: http: //iej.cjb.net Diakses tanggal: 9 Desember 2015. Munawaroh, A, dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan SMP . Unnes Journal of Biology Education, Volume 2, Nomor 1, [online]. Tersedia : http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb. Diakses 25 Desember 2015 Nuruljanah (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek,Pemecahan Masalah dan Penemuan terhadap Kemampuan Menalar dan Literasi Lingkungan Siswa SMP Pada Konsep Pencemaran Air. Tesis Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung: Tidak diterbitkan. Ruparanganda Fenton, et al. (2013). Project Approach as an Alternative to Regular Laboratory Practical Work in the Teaching and learning of Biology in Rural Secondary Schools in Zimbabwe. International Journal of Education and Information Studies 3 (1), hlm. 13-20 . Tersedia http://www.ripublication.com/ijeis.htm Diakses 7 Januari 2016.in_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8016
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek tentang pencemaran dalam meningkatan kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah weak experiment dengan desain penelitian The One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah AL IRFAN Tanjungsari Sumedang. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas X- Mia Madrasah Aliyah AL IRFAN Tanjungsari Sumedang. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes berupa soal pilihan ganda dan uraian. Tes terdiri dari tes pemahaman konsep, tes kemampuan berfikir kreatif, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data pretest dapat disimpukan bahwa 1) kemampuan pemahaman konsep siswa baru mencapai 68,85% (Tinggi) ; 2) kemampuan berfikir kreatif siswa baru mencapai 62,5 % (Tinggi) ; 3) kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai 40% (rendah) ; 4) pembelajaran tertentu harus diterapkan agar dapat meningkakan kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectPembelajaran Berbasis Proyekin_ID
dc.subjectkemampuan berfikir kreatifin_ID
dc.subjectkemampuan pemecahan masalahin_ID
dc.titlePembelajaran Berbasis Proyek Tentang Pencemaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMAin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record