Pengembangan Model Refleksi Pada Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Laelawati, Susi
Sriyanti, Siti
Rochintaniawati, Diana
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model refleksi pada lesson study untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran IPA di sekolah. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif. Uji coba dilakukan enam kali di dua
sekolah dengan melibatkan dua orang guru model dan sepuluh guru sebagai observer. Proses pengembangan
model refleksi dilakukan berdasarkan studi pendahuluan diperoleh temuan bahwa refleksi selama ini belum
terdokumentasikan, masih memberi tanggapan negatif pada guru model dan hasil refleksi belum mengarah pada
peningkatan kualitas pembelajaran. Pengambilan data dilakukan melalui lembar self reflection, lembar other
reflection, lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk melihat kualitas refleksi yang dapat mengarah
pada peningkatan kualitas pembelajaran dilakukan analisis terhadap data yang sudah dikumpulkan dengan cara
mengelompokkan kategori–kategori yang muncul pada saat refleksi, pola kecenderungan dari hasil self
reflection, other reflection dan wawancara observer. Self reflection yang dibuat untuk memudahkan guru untuk
mengemukakan temuannya pada saat pembelajaran dapat dibaca dengan baik dan kecenderungannya
memudahkan guru model terlihat dari hasil pengisian lembar self reflection terutama pada mengidentifikasi
indikator siswa belajar dan siswa tidak belajar. Kecenderungan hasil lembar other reflection menunjukkan
kemudahan bagi observer untuk mengamati proses pembelajaran di kelas untuk dikemukakan pada saat refleksi.
Hasil refleksi didokumentasikan berupa catatan perbaikan setelah refleksi, pola refleksi yang tidak lagi memberi
tanggapan negatif terhadap guru model, pola peningkatan pembelajaran dilihat dari fokusnya observer pada
kategori aktivitas siswa dan kategori interaksi siswa dengan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Aktivitas
siswa dan interaksi siswa dengan bahan ajar mengalami peningkatan. Produk yang dihasilkan berupa buku
panduan open lesson dan telah dilakukan revisi sesuai saran dan masukan dari validator, observer dan hasil uji
coba.