dc.identifier.citation | Hendayana, S. (2010). Perkembangan Lesson Study di Indonesia : Prospek dan Tantangannya. Teori, Paradigma, Prinsip dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam Konteks Indonesia. Bandung: JICA FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Hendayana, S., & et.al. (2008). Leson Study : Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press. Hidayati, & Listyani. (2010). Intsrumen of Students; Self - Regulated Learning. FPMIPA UNY. J.R, F., & N.E, W. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education, 2nd ed. New York: Mc.Graw Hill. K, C., Ono, y., & J.M, R. (2013). A lesson study approach to improving a biology lesson. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, in press. Lewis , C. (2002). Lesson Study: A Handbook of Teacher_Led Instructional Change. Philadelphia: Research for Better School.Inc. Lj, B., & Mazerolle SM. (2011). Survey Instrumen Validity part I; Principles of survey development and validation in athletic training education research. 6(1):27-35. Moeloen, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ono, Y., & Ferreira, J. (2010). A Case Study of Continuing Teacher Profesional Development Through Lesson Study in South Africa. Vol 30:5974. Saodih, S., Jumuludin, N., & Ahman. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, Prinsip, dan Instrumen). Bandung: Rafika Aditama. Shuilleabhain, A. N. (2013). Lesson Study in A Community of Practice: A Model of In-School Profesional Development. Vol 2 no1, pp.22-40. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Suratn, T. (2012). Lesson Study as Practice: An Indonesian Elementary School Experience. USChina Education Review, A7, 627-638. Suratno, T., & Iskandar, S. (2010). Teacher Reflection in Indnesia: Lesson Learnt From A Lesson Study Program. US-China Education Review, 39-48. Suzuki, Y. (2012). Teacher Profesional Discourse in A Japanese Lesson Study. Internasional Journal for Lesson and Learning Studies,, 1, 216-231. Usui, Y. (2011). What is Lesson Study: Historical Background National Association for The Study of Educational Methods. Keisuisha, Japan. Alwasilah, A.C. (2011). Pokoknya Action Research. Bandung: Kiblat Buku Utama Kusnandar. (2008). Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada Suryadi, D dan Suratno, T. (2014). Kemandirian Pendidik KIsah Pendidik Reflektif dan Profesional Pembelajaran. Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model refleksi pada lesson study untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran IPA di sekolah. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif. Uji coba dilakukan enam kali di dua
sekolah dengan melibatkan dua orang guru model dan sepuluh guru sebagai observer. Proses pengembangan
model refleksi dilakukan berdasarkan studi pendahuluan diperoleh temuan bahwa refleksi selama ini belum
terdokumentasikan, masih memberi tanggapan negatif pada guru model dan hasil refleksi belum mengarah pada
peningkatan kualitas pembelajaran. Pengambilan data dilakukan melalui lembar self reflection, lembar other
reflection, lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk melihat kualitas refleksi yang dapat mengarah
pada peningkatan kualitas pembelajaran dilakukan analisis terhadap data yang sudah dikumpulkan dengan cara
mengelompokkan kategori–kategori yang muncul pada saat refleksi, pola kecenderungan dari hasil self
reflection, other reflection dan wawancara observer. Self reflection yang dibuat untuk memudahkan guru untuk
mengemukakan temuannya pada saat pembelajaran dapat dibaca dengan baik dan kecenderungannya
memudahkan guru model terlihat dari hasil pengisian lembar self reflection terutama pada mengidentifikasi
indikator siswa belajar dan siswa tidak belajar. Kecenderungan hasil lembar other reflection menunjukkan
kemudahan bagi observer untuk mengamati proses pembelajaran di kelas untuk dikemukakan pada saat refleksi.
Hasil refleksi didokumentasikan berupa catatan perbaikan setelah refleksi, pola refleksi yang tidak lagi memberi
tanggapan negatif terhadap guru model, pola peningkatan pembelajaran dilihat dari fokusnya observer pada
kategori aktivitas siswa dan kategori interaksi siswa dengan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Aktivitas
siswa dan interaksi siswa dengan bahan ajar mengalami peningkatan. Produk yang dihasilkan berupa buku
panduan open lesson dan telah dilakukan revisi sesuai saran dan masukan dari validator, observer dan hasil uji
coba. | in_ID |