• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Problem Based Learning di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    126.pdf (470.1Kb)
    Date
    2016-05-21
    Author
    Mustofa, Zainul
    Susilo, Herawati
    Irawati, Mimien Henie
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi terhadap guru biologi SMA di kota Malang menemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kebanyakan guru dan belum mendapatkan solusi yang sesuai. Permasalahan tersebut adalah 1) guru belum sepenuhnya menerapkan strategi pembelajaran dalam upaya memberdayakan kemampuan berpikir siswa, guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan metode diskusi, 2) masih banyak guru yang mengandalkan buku paket dari pemerintah, guru kurang dalam mengembangkan bahan ajar dengan berbagai alasan yang variatif, sehingga para guru merasa sangat terbantu jika ada peneliti yang berupaya membantu guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan 3) pendekatan pembelajaran yang digunakan sepenuhnya belum dapat mengaitkan dengan kehidupan siswa. Permasalahanpermasalahan guru tersebut, berdampak pada proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru biologi SMA dalam mengembangkan perangkat pembelajaran biologi melalui pendekatan kontekstual dengan strategi problem based learning (PBL) untuk memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D. Model 4D tersebut terdiri dari pendefinisian (define) berisi mengenai permasalahan pembelajaran di kelas, permasalahan siswa dan kompetensi yang harus di capai siswa, 2) perancangan (design) berisi tentang desain pengembangan yang akan digunakan, 3) pengembangan (develop) berisi penilaian validasi ahli dan uji coba produk dan 4) penyebaran (dissemination) merupakan tahapan akhir berupa produksi hasil pengembangan dalam skala besar dan dapat digunakan secara luas. Namun pada penelitian pengembangan ini, tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi oleh ahli media pembelajaran sekaligus ahli materi, oleh pelaksana pembelajaran dan hasil uji kelompok kecil terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki nilai persentase rata-rata sebesar 90.31%, 83.58% dan 94,32%, sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori sangat baik dengan perbaikan seperlunya. Berdasarkan hasil tersebut, produk pengembangan perangkat pembelajaran biologi melalui pendekatan kontekstual dengan strategi problem based learning (PBL) di SMA memiliki kategori sangat baik dan layak diterapkan di lapangan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8023
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV