Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Problem Based Learning di SMA
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Mustofa, Zainul
Susilo, Herawati
Irawati, Mimien Henie
Metadata
Show full item recordAbstract
Hasil observasi terhadap guru biologi SMA di kota Malang menemukan beberapa
permasalahan yang dihadapi oleh kebanyakan guru dan belum mendapatkan solusi yang sesuai.
Permasalahan tersebut adalah 1) guru belum sepenuhnya menerapkan strategi pembelajaran
dalam upaya memberdayakan kemampuan berpikir siswa, guru lebih sering menggunakan
metode ceramah dan metode diskusi, 2) masih banyak guru yang mengandalkan buku paket
dari pemerintah, guru kurang dalam mengembangkan bahan ajar dengan berbagai alasan yang
variatif, sehingga para guru merasa sangat terbantu jika ada peneliti yang berupaya membantu
guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan 3) pendekatan pembelajaran yang
digunakan sepenuhnya belum dapat mengaitkan dengan kehidupan siswa. Permasalahanpermasalahan
guru tersebut, berdampak pada proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini
bertujuan untuk membantu guru biologi SMA dalam mengembangkan perangkat pembelajaran
biologi melalui pendekatan kontekstual dengan strategi problem based learning (PBL) untuk
memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
pengembangan yang mengacu pada model 4D. Model 4D tersebut terdiri dari pendefinisian
(define) berisi mengenai permasalahan pembelajaran di kelas, permasalahan siswa dan
kompetensi yang harus di capai siswa, 2) perancangan (design) berisi tentang desain
pengembangan yang akan digunakan, 3) pengembangan (develop) berisi penilaian validasi ahli
dan uji coba produk dan 4) penyebaran (dissemination) merupakan tahapan akhir berupa
produksi hasil pengembangan dalam skala besar dan dapat digunakan secara luas. Namun pada
penelitian pengembangan ini, tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan
biaya operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi oleh ahli media
pembelajaran sekaligus ahli materi, oleh pelaksana pembelajaran dan hasil uji kelompok kecil
terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki nilai persentase rata-rata
sebesar 90.31%, 83.58% dan 94,32%, sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memiliki kategori sangat baik dengan perbaikan seperlunya. Berdasarkan hasil tersebut, produk
pengembangan perangkat pembelajaran biologi melalui pendekatan kontekstual dengan strategi
problem based learning (PBL) di SMA memiliki kategori sangat baik dan layak diterapkan di
lapangan.