Show simple item record

dc.contributor.authorMustofa, Zainul
dc.contributor.authorSusilo, Herawati
dc.contributor.authorIrawati, Mimien Henie
dc.date.accessioned2016-12-20T02:41:05Z
dc.date.available2016-12-20T02:41:05Z
dc.date.issued2016-05-21
dc.identifier.citationAkbar S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Lidinillah, D.A.M. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). (Online), 856 (http://file.upi.edu/Direktori/KD-Tasikmalaya/Dindin_Abdul_Muiz_Lidinillah_(KD-Tasikmalaya)197901132005011003/132313548%20-%20dindin%20abdul%20muiz% 20lidinillah/Problem% 20Based%20Learning.pdf) diakses 23 Juni 2015 Ningrum, E. 2009. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Makalah disampaiakn pada kegiatan Pelatihan dan Workshp Model-Model Pembelajaran dalam Persiapan RSBI di Kabupaten Karawang pada tanggal 23 September 2009. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/ 196203041987032-EPON_ NINGRUM/ MAKALAH/ CTL_.pdf) diakses 6 Desember 2015. Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Direktorat Sekolah lanjutan Tingkat Pertama Sadia, I.W. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. No. 2 TH. XXXXI April 2008 ISSN 0215 – 8250. Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. 1974. Intruction Development for Training Teacher of Exceptional Children a Sourcebook, Indiana, Bloomington: Indiana University. Tim Pengembagn Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendididikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Imtima.in_ID
dc.identifier.issn2557-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8023
dc.description.abstractHasil observasi terhadap guru biologi SMA di kota Malang menemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kebanyakan guru dan belum mendapatkan solusi yang sesuai. Permasalahan tersebut adalah 1) guru belum sepenuhnya menerapkan strategi pembelajaran dalam upaya memberdayakan kemampuan berpikir siswa, guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan metode diskusi, 2) masih banyak guru yang mengandalkan buku paket dari pemerintah, guru kurang dalam mengembangkan bahan ajar dengan berbagai alasan yang variatif, sehingga para guru merasa sangat terbantu jika ada peneliti yang berupaya membantu guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan 3) pendekatan pembelajaran yang digunakan sepenuhnya belum dapat mengaitkan dengan kehidupan siswa. Permasalahanpermasalahan guru tersebut, berdampak pada proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru biologi SMA dalam mengembangkan perangkat pembelajaran biologi melalui pendekatan kontekstual dengan strategi problem based learning (PBL) untuk memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D. Model 4D tersebut terdiri dari pendefinisian (define) berisi mengenai permasalahan pembelajaran di kelas, permasalahan siswa dan kompetensi yang harus di capai siswa, 2) perancangan (design) berisi tentang desain pengembangan yang akan digunakan, 3) pengembangan (develop) berisi penilaian validasi ahli dan uji coba produk dan 4) penyebaran (dissemination) merupakan tahapan akhir berupa produksi hasil pengembangan dalam skala besar dan dapat digunakan secara luas. Namun pada penelitian pengembangan ini, tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi oleh ahli media pembelajaran sekaligus ahli materi, oleh pelaksana pembelajaran dan hasil uji kelompok kecil terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki nilai persentase rata-rata sebesar 90.31%, 83.58% dan 94,32%, sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori sangat baik dengan perbaikan seperlunya. Berdasarkan hasil tersebut, produk pengembangan perangkat pembelajaran biologi melalui pendekatan kontekstual dengan strategi problem based learning (PBL) di SMA memiliki kategori sangat baik dan layak diterapkan di lapangan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpengembangan perangkat pembelajaranin_ID
dc.subjectpendekatan kontekstualin_ID
dc.subjectProblem Based Learningin_ID
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Problem Based Learning di SMAin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record