Profil Bahan Ajar Genetika yang Digunakan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Primandiri, Poppy Rahmatika
Amin, Mohamad
Zubaidah, Siti
Maftuchah
Metadata
Show full item recordAbstract
Bahan ajar sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran sebagai sarana untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Bahan ajar yang baik harus sistematis, dapat mengakomodir kebutuhan siswa untuk
berlatih dan melakukan kegiatan pembelajaran lain melalui sumber atau materi yang ada dalam
bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar genetika yang
digunakan di Prodi Pendidikan Biologi UN PGRI Kediri ditinjau dari pendekatan kontekstual.
Penelitian ini dilakukan dengan menilai bahan ajar yang digunakan pada mata kuliah genetika
dengan instrumen penilaian kelayakan bahan ajar ditinjau dari pendekatan kontekstual yang
dikembangkan peneliti. Penilaian bahan ajar dilakukan oleh 2 penilai praktisi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa bahan ajar memperoleh nilai 64,7% dan 60,2% dengan kriteria kurang layak
dan harus direvisi secara mayor.