Hubungan Keterampilan Metakognitif dengan Retensi Siswa pada Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) di SMA Kota Malang
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Nurisya, Khofifatu
Corebima, Aloysius Duran
Rohman, Fatchur
Metadata
Show full item recordAbstract
Retensi merupakan salah satu indikator penting dalam pembelajaran. Terdapat berbagai faktor yang
mempengaruhi retensi siswa, salah satunya adalah keterampilan metakognitif. Pemberdayaan
keterampilan metakognitif dan retensi dapat diterapkan pada berbagai macam strategi
pembelajaran, diantaranya Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif dengan retensi hasil belajar, serta besarnya
sumbangan yang diberikan keterampilan metakognitif terhadap retensi hasil belajar. Penelitian ini
adalah tipe penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA di
wilayah Kota Malang semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah
siswa kelas XI MIA 2 SMAN 7 Malang yang terdiri atas 24 siswa dan siswa kelas XI MIA 4
SMAN 9 Malang yang terdiri atas 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat
hubungan antara keterampilan metakognitif dengan retensi hasil belajar siswa yang membentuk
persamaan garis regresi Y = 0,659X + 37,942 dengan sumbangan keterampilan metakognitif
terhadap retensi hasil belajar sebesar 35,9 %.