dc.identifier.citation | Arifin, M.S. 2013. Hubungan antara Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Strategi Reciprocal Teaching di SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : FMIPA Universitas Negeri Malang. Basith, Abdul. 2013. Kajian perbandingan Efektivitas Strategi Problem-Based Learning dan Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan keterampilan Metakognitif, Pemahaman Konsep Biologi, dan Retensi Siswa Kelas X SMA dengan Potensi Akademik Berbeda Di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang. Fauziyah, Dyah Ratna. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : FMIPA Universitas Negeri Malang. Gora, W. & Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: PT. Elex Gramedia. Hadi, A. N. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Malang Pada Kemampuan Akademik berbeda. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : FMIPA Universitas Negeri Malang. Howard. 2004. J. B. Metacognitive Inquiry. School of Education Elon University. Diakses dari https://org.elon.edu/t2project/pdf_docs/sp_metacognitive.pdf. 6. Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM : dari behavioristik sampai konstruktivistik: sebuah pengembangan pembelajaran berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : Prestasi Pustaka. Karpicke, Jeffrey D. 2009. Metacognition Control and Strategy Selection : Deciding to Practice Retrieval During Learning. Journal of Experimental Psychology 138 (4), 469-486. Livingston, J.A. 1997. Metacognition : An Overview. Diakses dari http://gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/metacog.htm. Nurhadi, Y.B. & Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran kontekstual dan Penerapannya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang : Universitas Negeri Malang. Paidi. 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi yang Mengimplementasikan PBL dan Strategi Metakognitif serta Efektifitasnya terhadap Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Sleman-Yogyakarta. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang. Siswati, B. H. 2014. Hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar siswa berkemampuan akademik berbeda pada pembelajaran biologi yang menerapkan beberapa model pembelajaran. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang. Wicaksono, Azizul G.C. 2015. Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif dan Retensi Siswa dalam Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadu Jigsaw dikelas X SMAN 7 Malang. Bioma. 4(1), 58-68. | in_ID |
dc.description.abstract | Retensi merupakan salah satu indikator penting dalam pembelajaran. Terdapat berbagai faktor yang
mempengaruhi retensi siswa, salah satunya adalah keterampilan metakognitif. Pemberdayaan
keterampilan metakognitif dan retensi dapat diterapkan pada berbagai macam strategi
pembelajaran, diantaranya Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif dengan retensi hasil belajar, serta besarnya
sumbangan yang diberikan keterampilan metakognitif terhadap retensi hasil belajar. Penelitian ini
adalah tipe penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA di
wilayah Kota Malang semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah
siswa kelas XI MIA 2 SMAN 7 Malang yang terdiri atas 24 siswa dan siswa kelas XI MIA 4
SMAN 9 Malang yang terdiri atas 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat
hubungan antara keterampilan metakognitif dengan retensi hasil belajar siswa yang membentuk
persamaan garis regresi Y = 0,659X + 37,942 dengan sumbangan keterampilan metakognitif
terhadap retensi hasil belajar sebesar 35,9 %. | in_ID |