Analisis Self Efficacy Mahasiswa pada Matakuliah Zoologi Vertebrata
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Hernawati, Diana
Amin, Mohamad
Irawati, Mimien Henie
Indriwati, Sri Endah
Metadata
Show full item recordAbstract
Studi ini menganalisis tentang kemampuan self efficacy mahasiswa pada mata kuliah Zoologi
Vertebrata. didasarkan atas data empiris yang dikumpulkan dari mahasiswa pendidikan Biologi di
Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Analisis dari 30 kuesioner mengungkapkan berbagai
perbedaan berdasarkan tingkat pengalaman. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pada dimensi
magnitudo/level (tingkat kesulitan tugas) sebagai perwujudan seberapa besar optimisme
mahasiswa pada keberhasilan (65,33%), kemampuan mahasiswa dalam penyesuaian diri terhadap
tugas yang sulit (66,70%), kemampuan mahasiswa dalam menghindari situasi dan perilaku yang
melampaui batas kemampuan (77,35%); dimensi strength (kemantapan keyakinan dan harapan)
meliputi kemampuan dalam mempertahankan (59,70%), keuletan (76,7%); dimensi generality
(keragaman dan luas bidang perilaku) meliputi kemampuan kognitif (66%), kemampuan
afektif(84,70%) dan kemampuan psikomotik (56,70%). Berdasarkan informasi tersebut
tergambarkan bahwa mahasiswa belum cukup terbiasa dengan kemampuan self efficacy yang
dimilikinya, sejumlah kemampuan masih perlu untuk dilatihkan dan dikembangkan, terkait dengan
materi zoologi vertebrata mahasiswa belum cukup terbiasa mengatasi kemampuan dalam
mempertahankan. Mahasiswa juga belum cukup terbiasa mengatasi keragaman dan luas bidang
perilaku, dimana kemampuan kognitif mahasiswa dan kemampuan dalam psikomotoriknya masih
perlu untuk ditingkatkan