Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Evolusi di Universitas Sulawesi Barat
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Jirana
Amin, Mohamad
Suarsini, Endang
Lukiati, Betty
Metadata
Show full item recordAbstract
Mata kuliah evolusi merupakan salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa, sulitnya
pemahaman mahasiswa terhadap konsepevolusi disebabkan oleh beberapa masalah sehingga perlu
dilakukan beberapa observasi terhadap komponen-komponen dalam proses pembelajaran Evolusi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Berpikir mahasiswa terhadap Mata Kuliah
Evolusi di ..........Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara penyebaran angket dan
pemberian tes untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa tentang konsep evolusi.
Berdasarkansurveiyang dilakukanterhadapmahasiswa Unsulbar Program Pendidikan Biologi pada
tanggal 30 Maret 2016dengan 30 orang responden menunjukkan bahwa Keterampilan Berpikir Kritis
Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat pada dasarnya dalam kategori rendah dimana pada indikator
dalam memberikan penjelasan sederhana dengan persentase 67,5%, Indikator dalam membangun
keterampilan dasar dengan persentase 70,6%, indikator dalam menyimpulkan 50,1%, indikator dalam
penjelasan lanjut sebanyak 56% dan indikator pada mengatur strategi dan taktik sebanyak 53,7%.
Indikator menyimpulkan, penjelasan lanjut, dan indikator pada mengatur strategi dan taktik berada
pada kategori rendah yaitu dengan persentase di bawah 60%. Pada pemberian tes, nilai yang
didapatkan oleh 30 mahasiswa sebagai responden berada dalam kategori sedang dengan nilai tertinggi
73,33 dan nilai terendah 40. Dari hasil analisis yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa
keterampilan berpikir mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat terhadap mata kuliah Evolusi
masih rendah. Olehkarenaitu perlu dilakukanpembenahan dalam penelitian lanjutan.