dc.contributor.author | Jirana | |
dc.contributor.author | Amin, Mohamad | |
dc.contributor.author | Suarsini, Endang | |
dc.contributor.author | Lukiati, Betty | |
dc.date.accessioned | 2016-12-24T05:23:26Z | |
dc.date.available | 2016-12-24T05:23:26Z | |
dc.date.issued | 2016-05-21 | |
dc.identifier.citation | Amin, M. (2010). Implementasi Hasil-Hasil Penelitian Bidang Biologi dalam Pembelajaran. Jurusan Biologi, MIPA Universitas Negeri Malang. Vol 7 No. 1. BNSP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad 21. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Facione, P. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. (Online), (http://www.insightassessment.com), diakses tanggal 15 April 2016. Ibrahim. (2007). Kecakapan Hidup: Keterampilan Berpikir Kritis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Johnson. (2007). Contextual Teaching and Learning, Menjadikan Kegiatan BelajarMengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center (MLC). Lau. (2011). Critical Thinking and Creativity: Think More, Think Better. ISBN: 978-0-470-19509-3. April 2011 Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAksara. Rosana. (2012). Menggagas Pendidikan IPA yang Baik Terkait Esensial 21 st Century Skills. Seminar Nasional Pendidikan IPA ke IV, Surabaya 6-7 Desember 2014. Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2557-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8038 | |
dc.description.abstract | Mata kuliah evolusi merupakan salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa, sulitnya
pemahaman mahasiswa terhadap konsepevolusi disebabkan oleh beberapa masalah sehingga perlu
dilakukan beberapa observasi terhadap komponen-komponen dalam proses pembelajaran Evolusi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Berpikir mahasiswa terhadap Mata Kuliah
Evolusi di ..........Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara penyebaran angket dan
pemberian tes untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa tentang konsep evolusi.
Berdasarkansurveiyang dilakukanterhadapmahasiswa Unsulbar Program Pendidikan Biologi pada
tanggal 30 Maret 2016dengan 30 orang responden menunjukkan bahwa Keterampilan Berpikir Kritis
Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat pada dasarnya dalam kategori rendah dimana pada indikator
dalam memberikan penjelasan sederhana dengan persentase 67,5%, Indikator dalam membangun
keterampilan dasar dengan persentase 70,6%, indikator dalam menyimpulkan 50,1%, indikator dalam
penjelasan lanjut sebanyak 56% dan indikator pada mengatur strategi dan taktik sebanyak 53,7%.
Indikator menyimpulkan, penjelasan lanjut, dan indikator pada mengatur strategi dan taktik berada
pada kategori rendah yaitu dengan persentase di bawah 60%. Pada pemberian tes, nilai yang
didapatkan oleh 30 mahasiswa sebagai responden berada dalam kategori sedang dengan nilai tertinggi
73,33 dan nilai terendah 40. Dari hasil analisis yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa
keterampilan berpikir mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat terhadap mata kuliah Evolusi
masih rendah. Olehkarenaitu perlu dilakukanpembenahan dalam penelitian lanjutan. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Berpikir Kritis | in_ID |
dc.subject | Evolusi | in_ID |
dc.subject | Pembelajaran | in_ID |
dc.title | Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Evolusi di Universitas Sulawesi Barat | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |