Analisis Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Mikrobiologi Pendidikan Biologi Universitas Jember
View/ Open
Date
2016-05-21Author
Habibi, Mohammad Wildan
Juliana, Kartika
Suarsini, Endang
Amin, Mohamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan ilmu dan teknologi pada zaman sekarang ini sangat mendukung proses
pembelajaran sehingga akan memudahkan seorang pendidik untuk memberikan dan
menginformasikan pada peserta didiknya terkait hal tersebut. Pemanfaatan hasil penelitian dapat
memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa karena informasi yang disajikan dan diperoleh
melalui pengamatan langsung di lapangan. Selain itu, pembelajaran lebih berdayaguna karena
bahan ajar disusun menurut jenjang akademik. Oleh karena itu, hasil-hasil penelitian yang relevan
perlu dijadikan materi pembelajaran sehingga karya para peneliti dapat berdayaguna. Tujuan
penelitian ini dapat membuat bahan ajar yang dapat digunakan untuk mendukung proses
pembelajaran matakuliah Mikrobiologi di Pendidikan Biologi Universitas Jember yang
berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Model pengembangan yang digunakan yaitu
model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Hasil validasi oleh ahli materi
Mikrobiologi yang mengatakan 90 % bahan ajar tersebut layak digunakan dalam proses
pendidikan terutama yang berbasis penelitian terkini. Hasil validasi ahli media mengatakan 91%
buku ajar menarik dan layak digunakan. Hasil validasi oleh 10 mahasiswa yang telah menempuh
matakuliah Mikrobiologi menunjukkan rata-rata 80 % mahasiswa setuju penggunaan bahan ajar
tersebut untuk proses pembelajaran. Pengembangan bahan ajar matakuliah Mikrobiologi dengan
model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) yang nantinya akan dibuat sangat
mendukung proses pembelajaran dan memberikan wawasan terkini pada mahasiswa.