dc.identifier.citation | Amin. M. 2013. Prinsip, Prosedur dan Teknik Dasar Analisis Biologi Molekular untuk Program Sarjana dan Pascasarjana. Malang: Universitas Negeri Malang. Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rhineka Cipta Bustin, S.A. 2013.Why there is no link between measles virus and autism. In: Fitzgerald M (ed) Recent advances in autism spectrum disorders, vol I, Intech. Rijeka, Croatia, pp 81–98. Bustin, S.A., Benes, V., Garson, J.A. et al. 2009. The MIQE guidelines: minimum information for publication of quantitative real-time PCR experiments. Clin Chem 55:611–622. Diakses dari http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19246619 Clark, D.P. 2005. Molecular Biology Understanding the Genetic Revolution. Illionis: Elsevier Academic Press. Clark, D.P. 2010. Molecular Biology Academic Cell Update. USA: Elsevier. Depdiknas, 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta http://www.ebi.ac.uk http://www.ncbi.nlm.nih.gov http://www.neurosolutions.com http://www.rcsb.org http://www.uniprot.org Kathleen, T., Chess, B. 2012. Foundation in Microbiology. Eight Edition. USA: McGraw-Hill Companies. Maribe, R. B. 2010. Instructional Design The ADDIE Approach. USA: University of Georgia Marx V. 2013. PCR: Living Life Amplified and Standardized. Nat Methods 10:391–395. Diakses dari http://www.springer.com/cda/content/.../cda.../9781493907328-c1.pdf?...0. Mengoli, C; Cruciani, M; Barnes R.A, Loef, J; Donnelly J.P. 2009. Use of PCR for diagnosis of invasive aspergillosis: systematic review and meta-analysis. Lancet Infect Dis 9:89–96. Diakses dari http://dx.doi.org/10.1016/S14733099(09)70019-2. Okafor, N. 2011. Enviromental Microbiology Aquatic and Waste System. USA: Springer Science. Pelczar, M dan Chan. 2009. Dasar-dasar Mikrobiologi. Jilid II. Jakarta: UI Press. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 5. 2014. Baku Mutu Air Limbah. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 33. 2009. Tata Cara Pemulihan Lahan Kontaminasi Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Relman. D.A. 2011. Microbial Genomics and Infectious Diseases. N Engl J Med 2011;365:347-57. Diakses dari http://www.iacld.com/DL/elm/microbialgenomicsandinfectiousdiseases.pdf Sai. A.N.S. 2015. Bacterial Genomics: Genome Organization and Genome Expression Tools. UK: Cambrigde University Press. Snustad dan Simmons. 2012. Principle of Genetics. Six Edition. USA: University of Minnesota. Supriatna, D., Mulyadi, M. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (P4TK dan PLB). Diakses dari http://jozhmunthe.yolasite.com/resources/3.Konsep_Dasar_Desain_Pembelajaranwww.tkplb.org.pdf Tim Mikrobiologi. 2014. Rencana Pembelajaran Semester. Jember: Universitas Jember. Wildan, M.H. 2016. Isolasi Gen Bakteri Pereduksi Logam Krom sebagai Bahan Ajar pada Matakuliah Mikrobiologi. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang. | in_ID |
dc.description.abstract | Perkembangan ilmu dan teknologi pada zaman sekarang ini sangat mendukung proses
pembelajaran sehingga akan memudahkan seorang pendidik untuk memberikan dan
menginformasikan pada peserta didiknya terkait hal tersebut. Pemanfaatan hasil penelitian dapat
memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa karena informasi yang disajikan dan diperoleh
melalui pengamatan langsung di lapangan. Selain itu, pembelajaran lebih berdayaguna karena
bahan ajar disusun menurut jenjang akademik. Oleh karena itu, hasil-hasil penelitian yang relevan
perlu dijadikan materi pembelajaran sehingga karya para peneliti dapat berdayaguna. Tujuan
penelitian ini dapat membuat bahan ajar yang dapat digunakan untuk mendukung proses
pembelajaran matakuliah Mikrobiologi di Pendidikan Biologi Universitas Jember yang
berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Model pengembangan yang digunakan yaitu
model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Hasil validasi oleh ahli materi
Mikrobiologi yang mengatakan 90 % bahan ajar tersebut layak digunakan dalam proses
pendidikan terutama yang berbasis penelitian terkini. Hasil validasi ahli media mengatakan 91%
buku ajar menarik dan layak digunakan. Hasil validasi oleh 10 mahasiswa yang telah menempuh
matakuliah Mikrobiologi menunjukkan rata-rata 80 % mahasiswa setuju penggunaan bahan ajar
tersebut untuk proses pembelajaran. Pengembangan bahan ajar matakuliah Mikrobiologi dengan
model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) yang nantinya akan dibuat sangat
mendukung proses pembelajaran dan memberikan wawasan terkini pada mahasiswa. | in_ID |