Profil Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS dalam Melaksanakan Penelitian Skripsi Tahun 2015
Abstract
Skripsi merupakan tugas berkredit yang harus ditempuh oleh mahasiswa setelah mengambil semua
atau sebagian besar mata kuliah, sebagai syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS
dalam melaksanakan penelitian skripsi tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
menggunakan metode dokumentasi. Strategi dalam penelitian ini menggunakan model survei
untuk memperoleh dan memaparkan data, sehingga hasilnya dapat menggeneralisasikan suatu
fenomena yang sedang terjadi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, bidang penelitian yang dipilih mahasiswa yaitu terapan (53,2%),
pendidikan (30,8%), dan murni ( 16,0%). Pendekatan penelitian yang dipilih mahasiwa adalah
kualitatif (47,4%), kuantitatif (28,2%), serta kombinasi (24,4%). Metode penelitian yang dipilih
mahasiswa eksperimen (67,9%), deskriptif (25,6%), eksplorasi (3,8%), serta eksplanatif, R&D,
PTK dan kepustakan masing-masing 0,6%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS yang lulus tahun 2015 memiliki kecenderungan
memilih bidang penelitian terapan, memilih pendekatan kualitatif, serta memilih metode
eksperimen dalam penelitian skripsinya.