dc.contributor.author | Nugroho, Rio Taufiq | |
dc.contributor.author | Hariyatmi | |
dc.date.accessioned | 2016-12-26T01:05:00Z | |
dc.date.available | 2016-12-26T01:05:00Z | |
dc.date.issued | 2016-05-21 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Renika Cipta. Chang, C.Y. & Yuen H.T. (2010). Trends of Science Education Research: An utomatic Content Analysis. Journal Scence Educ Technol. Vol. 19, 315 – 331. De Fuccia, D., Witteck, T., Markic, S., & Eilks, I. (2012). Trends in Practical Work in German Science Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol. 8(1), 59-72. Firdaus, L.N. & Arief R.H. (2014). Trend 25 Tahun (1988-2012) Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. Jurnal Biogenesis. Vol.10 (1), 18-27. Jenkin, E.W. (2001). Research in Science Education in Europe: Retrospect dan Prospect. Research in Science Education Past Present dan Future. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher. Khan, N. A. M., Jan, S. M., & Amin, I. M. (2014). Research Trends In Select Science Faculties Of University Of Jammu. Library Philosophy and Practice (ejournal). Paper 1068. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Peraturan Menteri. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Soemanto, W. (2009). Pedoman Teknik Penulisan Skripsi: Karya Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara. Sudarisman, S. (2013). Analisis Kecenderungan Metodoe Penelitian Skripsi Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi UNS. Prosiding Seminar Biologi Jurnal FKIP UNS. Vol 10 (1). Widodo, A. (2009). Gambaran Penelitian Pendidikan Biologi: Perkembangan Penelitian di Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Asimilasi. Vol.1(1), 54-61. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2557-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8053 | |
dc.description.abstract | Skripsi merupakan tugas berkredit yang harus ditempuh oleh mahasiswa setelah mengambil semua
atau sebagian besar mata kuliah, sebagai syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS
dalam melaksanakan penelitian skripsi tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
menggunakan metode dokumentasi. Strategi dalam penelitian ini menggunakan model survei
untuk memperoleh dan memaparkan data, sehingga hasilnya dapat menggeneralisasikan suatu
fenomena yang sedang terjadi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, bidang penelitian yang dipilih mahasiswa yaitu terapan (53,2%),
pendidikan (30,8%), dan murni ( 16,0%). Pendekatan penelitian yang dipilih mahasiwa adalah
kualitatif (47,4%), kuantitatif (28,2%), serta kombinasi (24,4%). Metode penelitian yang dipilih
mahasiswa eksperimen (67,9%), deskriptif (25,6%), eksplorasi (3,8%), serta eksplanatif, R&D,
PTK dan kepustakan masing-masing 0,6%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS yang lulus tahun 2015 memiliki kecenderungan
memilih bidang penelitian terapan, memilih pendekatan kualitatif, serta memilih metode
eksperimen dalam penelitian skripsinya. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | profil | in_ID |
dc.subject | skripsi | in_ID |
dc.subject | pendidikan biologi | in_ID |
dc.subject | deskriptif kualitatif | in_ID |
dc.title | Profil Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS dalam Melaksanakan Penelitian Skripsi Tahun 2015 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |