Hubungan Antara Kualifikasi Akademik Guru dengan Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Gemolong
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kualifikasi akademik
guru dengan pengelolaan kelas di TK se-Kecamatan Gemolong. Penelitian ini merupakan penelitian
Deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 97 guru
dan sampel sebanyak 78 guru, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data kedua variabel
diperoleh melalui metode angket yang diberikan secara langsung kepada guru. Teknik Analisis data
menggunakan teknik korelasi product moment dengan menggunakan bantuan program SPSS for
Windows. Hasil Uji Korelasi menunjukkan bahwa r
hitung
= 0.860> dari r
tabel
= 0, 263,itu berarti maka
hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa terdapat hubungan yang
sangat kuat antara kualifikasi akademik guru dengan pengelolaan kelas di TK Se-Kecamatan Gemolong
Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2015/2016.