Analysis of the Implementation of Integration Knowledge in Basic Education, Secondary Education, and Higher Education Islam of Based Character Education
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi integrasi keilmuan dalam pendidikan
dasar, menengah dan perguruan tinggi Islam berbasis pendidikan karakter saat ini. Tujuan lainnya
adalah untuk mendeskripsikan problematika implementasi integrasi keilmuan dalan pendidikan
dasar, menengah dan perguruan tinggi Islam berbasis pendidikan karakter serta mendeskripsikan
implementasi integrasi keilmuan dalam pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi Islam
berbasis pendidikan karakter pada masa datang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian kepustakaan Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode telaah dokumen yang berupa buku-buku, hasil-hasil penelitian maupun artikel yang
berkaitan dengan topik yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mencocokkan data-data yang dikaji dalam
buku-buku ilmiah, hasil-hasil penelitian maupun artikel-artikel yang berkaitan dengan variabel yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi integritas keilmuan dalam pendidikan dasar, menengah, dan perguruan
tinggi islam berbasis pendidikan karakter sampai saat ini dalam batas formalitas , problematika yang dihadapi dalam
implementasi integritas ke ilmuan dalam pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi islam berbasis pendidikan
karakter sangat kompleks.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi integritas keilmuan dalam pendidikan dasar, menengah, dan
perguruan tinggi islam berbasis pendidikan karakter perlu dilakukan pengkajian kembali agar dalam pelaksanaannya ke
depan lebih baik. Problematika yang dihadapi dalam implementasi integritas ke ilmuan dalam pendidikan dasar,
menengah, dan perguruan tinggi islam berbasis pendidikan karakter perlu dicarikan solusinya.