dc.identifier.citation | Alim Ruswantoro, “Paradigma Keilmuan UIN Yogyakarta” dalam M. Yusuf dan Mustofa (ed.), Mengukir Prestasi di Jalur Khusus, (Yogyakarta: Penerbit Pendi Pontren Depag RI, 2007. Abdurrahman,Ahmad Taufiq.Integrasi Pendidikan Umum dan Agama. Diterbitkan di Majalah Qalam, edisi dummy, oktober 2008, rubrik Fokus. Abdullah, Amin. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2006. Bastaman, Hanna Djumhana. Integrasi Psikologi Dengan Islam: Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Yayasan Insan Kamil dan Pustaka Pelajar. 1996. Darajat, Zakiah. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung, 1996. Degeng, I Nyoman Sudjana. dkk., Jurnal Teknologi Pembelajaran. Malang: UM, 2000. Dhofir, Zamakhsari. Tradition and Change in Indonesian Islamic Education. Jakarta : Office of Religious Research and Development, Ministry of Religious Affairs of The Republic Indonesia, 1995. Effendy, Bahtiar. Repolitisasi Agama. Bandung: Mizan, 2000. Hamid potilima. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta. 2005. Heriyanto, Tedi.Metodologi Penelitian Kualitatif. 2002. I.Nyoman S. Degeng. Paradigma Pendidikan Dari Behavioristik ke Konstruktioviostik.disampaikan pada seminar Nasional di SC UIIS Malang. 21 Oktober 2002. Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) da PersiapanMenghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007. Mahmud Thoha APU. Paradigma Baru Ilmu Pengetahuan social & Humaniora. Jakarta: TERAJU,2004. Muhamad,Mahatir. Globalisation and the New Realities. Selangor: Pelanduk Publications (M) Sdn Bhd, 2002. Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep, Karakter dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002. Nawawi, Rif’at Syauqi et. al. Metodologi Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2000. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004. Moleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1995. Nawawi, Hadari. Penelitian Terapan. Jogjakarta: UGM Press, 2005. O’neil, William F. Ideologi-ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001. Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta, 2007. Sukardi.Penelitian Kualitatif-Naturalistik dalam Pendidikan. Jogjakarta: Penerbit Usaha Keluarga, 2002. Suparno, Paul. Filsafat Konstruktivistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius, 1997. Syukur, M. Amin Abdullah dan Masyharuddin. Intelektualisme Tasawuf; Studi Intelektualisme Tasawuf Al- Ghazali. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2002. Tholib, Muhammad.Melacak Kekafiran Berfikir. Yogyakarta: Uswah, 2007. Wen, Sayling. Future Of Education (Masa Depan Pendidikan). Batam: Lucki Publisher, 2003. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi integrasi keilmuan dalam pendidikan
dasar, menengah dan perguruan tinggi Islam berbasis pendidikan karakter saat ini. Tujuan lainnya
adalah untuk mendeskripsikan problematika implementasi integrasi keilmuan dalan pendidikan
dasar, menengah dan perguruan tinggi Islam berbasis pendidikan karakter serta mendeskripsikan
implementasi integrasi keilmuan dalam pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi Islam
berbasis pendidikan karakter pada masa datang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian kepustakaan Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode telaah dokumen yang berupa buku-buku, hasil-hasil penelitian maupun artikel yang
berkaitan dengan topik yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mencocokkan data-data yang dikaji dalam
buku-buku ilmiah, hasil-hasil penelitian maupun artikel-artikel yang berkaitan dengan variabel yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi integritas keilmuan dalam pendidikan dasar, menengah, dan perguruan
tinggi islam berbasis pendidikan karakter sampai saat ini dalam batas formalitas , problematika yang dihadapi dalam
implementasi integritas ke ilmuan dalam pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi islam berbasis pendidikan
karakter sangat kompleks.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi integritas keilmuan dalam pendidikan dasar, menengah, dan
perguruan tinggi islam berbasis pendidikan karakter perlu dilakukan pengkajian kembali agar dalam pelaksanaannya ke
depan lebih baik. Problematika yang dihadapi dalam implementasi integritas ke ilmuan dalam pendidikan dasar,
menengah, dan perguruan tinggi islam berbasis pendidikan karakter perlu dicarikan solusinya. | in_ID |