Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sesuai Dengan Gaya Belajar Peserta Didik
Abstract
Para peserta didik dapat dimungkinkan mempunyai maksud belajar yang berbeda, latar belakang
yang tidak sama, tingkat pengetahuan yang tidak sejajar, kompetensi yang bervariasi, serta gaya
belajar yang tidak serupa. Oleh karena itu sebuah sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan
gaya belajar peserta didik sangat layak untuk diwujudkan sehingga para peserta didik memperoleh
materi dengan model penyajian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kecocokannya dalam
belajar. Sebuah sistem pembelajaran berbantuan teknologi komputer perlu didesain untuk
memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam membangun secara aktif pengetahuan yang
dimilikinya melalui suatu proses adaptif pengorganisasian pengalaman belajar berbasis sistem temu
kembali informsi (Information Retrieval System) disingkat IRS dengan model aplikasi web untuk
menambah interaksi dengan lingkungannya. Unjuk kerja sistem dapat diujikan dengan menggunakan
metode pengujian black-box dan alpha-beta pada setiap modul sistem. Sementara itu tindakan kelas
dan survey untuk mengidentifikasi dampak langsung dari sistem pembelajaran berbantuan teknologi
pembelajaran tanya jawab terhadap serapan materi oleh peserta didik. Berdasarkan pada
serangkaian analisis sementara dapat ditarik suatu hipotesis bahwa penggunaan teknologi pada
pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik akan memberikan indikasi adanya
peningkatan yang signifikan dalam penguasaan dan pemahaman materi belajar serta penguatan
pengalaman baik dalam lingkungan formal maupun non-formal.