Show simple item record

dc.contributor.authorHaryanto, Mohamad Danny
dc.contributor.authorSaqqo, Muhammad Luthfi
dc.date.accessioned2017-01-16T02:31:32Z
dc.date.available2017-01-16T02:31:32Z
dc.date.issued2016-12-07
dc.identifier.citationCenadi, C. Suharto. 2000. Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. NIRMANA VOL. 2, No. 1. Universitas Kristen Petra. Surabaya. Danger, Eric P. 1992. Selecting Colour for Packaging. England. Gower Technical Press Ltd. Gelbert dkk. 1996. Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan “Wall Chart”. Buku Panduan Lingkungan Hidup, PPPGT/VEDC. Malang. Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi keduabelas. Jilid 1. Erlangga. Jakarta. Natadjaja, L. 2002. Pengaruh Komunikasi Visual Antar Budaya Terhadap Pemasaran Produk Ditinjau dari Warna dan Ilustrasi Desain Komunikasi. Universitas Kristen Petra. Surabaya. Pasaribu dkk. 2014. Pemanfaatkan Barang Bekas Menjadi Media Belajar Siswa IPA di Mamuju Utara. (Online) (Http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2871,diakses 08 September 2016)Putri, Sofi. 2013. Uji Coba Distalasi dari barang bekas di MAN II Yogyakarta. (Online).(Http://digilib.uinsuka.ac.id/12218/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20%20PUSTAKA, diakses 07 September 2016). Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Jakarta: Sekretariat Negara. Sismanto, Andik. 2016. Awal Tahun Penjualan Kompter Membaik. (Online). (http://autotekno.sindonews.com/read/1077785/123/awal-tahun-penjualan-komputer-membaik-453028603, diakses tanggal 13 September 2016). Saputro, Imam. 2016. Jumlah Pendaftar UMS Melonjak (Online). (http://solo.tribunnews.com/2016/06/30/jumlahpendaftar-melonjak-kuotadokteran-di-ums-sudah-penuh, diakses tanggal 09 September 2016in_ID
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8153
dc.description.abstractKemasan atau kardus packaging laptop merupakan media yang digunakan untuk memuat dan menjaga laptop agar terhindar dari kecacatan pada saat proses penyimpanan dan pengiriman berlangsung. Selain itu kardus packaging juga dibutuhkan dalam kegiatan pemasaran karena dapat digunakan untuk menarik perhatian konsumen. Namun setelah produk laptop sampai ditangan konsumen kardus packaging tidak digunakan lebih lanjut atau tidak difungsikan lagi bahkan dibuang dan dapat menjadi sumber sampah anorganik. Hal ini sangat disayangkan mengingat ribuan kardus laptop yang tidak terpakai dapat menjadi sumber masalah sosial dan bencana alam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun Kardus Packaging yang memiliki nilai guna yang lebih besar serta memanfaatkan kembali barang bekas menjadi produk yang lebih bernilai ekonomi. Penelitian rancang bangun Kardus Packaging laptop ini pada tahap selanjutnya disebut sebagai KAPACK. Kegiatan penelitian ini diawali dengan melakukan observasi lapangan dan analisa keinginan konsumen, kemudian menganalisa produk setipe yang sudah ada, menetapkan data apa saja yang dibutuhkan seperti data antropometri masnusia Indonesia 50%, lalu membuat rancangan konseptual dan desain 3D KAPACK berdasarkan customer needs sehingga didapatkan desain KAPACK dengan ukuran Tinggi Bidang Kerja: 249 mm, Tebal KAPACK: 145 mm, Tinggi Kaki KAPACK: 124 mm, Tinggi Kover Atas: 566 mm, Lebar KAPACK: 350 mm, Panjang KAPACK: 450 mm, Diameter Handle: 40,6 mm, Panjang Handle: 130 mm. Manfaat yang didapat oleh konsumen yaitu, konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli meja laptop, speaker, cooling pad serta tas laptop karena semua produk tersebut sudah dikemas dalam satu produk KAPACK.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherFakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectantropometriin_ID
dc.subjectergonomiin_ID
dc.subjectkapack laptopin_ID
dc.subjectrancang bangunin_ID
dc.titleRancang Bangun Kardus Packaging Laptop Multifungsi dengan Menggunakan Data Antropometri (Rabu Anter Kapack Latif)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record