EVALUASI KONSUMEN DI "RM. PAK KARDI" PEMALANG DENGAN ANALISIS DISKRIMINAN
View/ Open
Date
2003-04-01Author
Susanto, Tuis
Suranto
Djunaidi, Much.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada perbedaan yang siqnifikan dalam variabel dependen (Y) yang meliputi konsumen sering Beli (YO), Cukup (Y I) dan Jarang Beli (Y2), serta bertujuan mengetahui perilaku konsumen yang benar-benar berbeda, perbedaan dalam arti perilaku mereka sering membeli, cukup dan jarang membeli. Metode analisis yang digunakan adalah dengan Wilk's Lambda, Pairwise, F test. Canonical corellation, untuk mencari ada dan tidak perbedaan antar group variabel dependen dan menginterpretasikan berdasarkan function at group centroid untuk mengetahui variabel independen mana yang menjadi faktor diskriminannya. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa variabel menu merupakan faktor pembeda (diskriminan). Artinya konsumen grup (sering beli, cukup dan jarang beli) tidak terpengaruh dengan usia, harga, pendapatan, dan pelayanan yang diberikan oleh RM. Pak Kardi ditunjukkan dengan tanda (+) padafunction I. Jadi konsumen yang membeli di RM. Pak Kardi adalah mereka yang benar-benar menyukai menu (masakan khas kepiting) RM. Pak Kardi. Jarak antara grup Sering Beli dengan grup Jarang Beli adalah yang terbesar, yakni 7,350. Sedangkan jarak terkecil adalah antara grup Cukup dengan grup Jarang Beli (0.522). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Konsumen di grup Sering Beli paling berbeda selera Menu masakannya. Sebaliknya Menu yang disukai oleh konsumen di RM. Pak Kardi yang termasuk konsumen Cukup mempunyai perbedaan yang kecil dengan mereka yang jarang membeli