• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Gelagar
    • Volume 16 No. 1, April 2005
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Gelagar
    • Volume 16 No. 1, April 2005
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Strata Konsumen Dengan Cluster Analysis (Studi Pada Toko dan Distribusi Matrix)

    Thumbnail
    View/Open
    gelagar vol 16 no 01 april 2005 Suranto.pdf (6.080Mb)
    Date
    2005-04-02
    Author
    Suranto
    Djunaidi, Much
    Susanto, Tuis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Toko dan Distribusi AIATRIX, merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang atau produk seperti layaknya Gudang Rabat, Supermarket, atau Swalayan. Mencari pelanggan sebanyak-banyaknya adalah target pemasaran MATRIX. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengelompokkan konsumen menjadi tiga golongan berdasarkan strata. Adapun strata yang diuji adalah jenis kelamin, usia, penghasilan, frekuensi berkunjung, nilai struk, jumlah anak, jumlah jam nonton TV, jumlah kartu kredit, kesukaan terhadap produk baru, layout swalayan, harga, pelayanan, kesetiaan [lama menjadi pelanggan], tingkat pendidikan dan variasi barang. Metode yang digunakan adalah multivariate dan cluster analysis. Metode ini sangat tepat untuk mencari segmen pasar di Tako dan Distribusi lvlATRIX. Berdasarkan hasil penelitian, pendeskripsian data dilakukan dengan metode deskriptif statistik, sedangkan hasilnya dibuat menjadi tiga kelompok pelanggan berdasarkan karakteristik data dari responden sebanyak 132 orang. Ke!ampok dengan anggota terbanyak akan dijadikan dasar dalam market segmentation. Berdasarkan hasil penelitian bahwa konsumen yang berkunjung ke A1ATRIX sebagian besar adalah perempuan dengan range usia 28 - 38 tahun dari kalangan ekonomi menengah dengan frekuensi berkunjung 3 - 4 kali dalam sebulan. Para konsumen sering membeli di Tako dan Distribusi MATRIX disebabkan pelayanan karyawan yang baik dan harga yang terjangkau. Maka strategi yang diterapkan perusahaan adalah menyediakan produk-produk yang disukai perempuan dengan usia 28 - 38 tahun dan prcduk yang harganya murah serta terjangkau.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8189
    Collections
    • Volume 16 No. 1, April 2005

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV