Show simple item record

dc.contributor.authorSuranto
dc.contributor.authorDjunaidi, Much
dc.contributor.authorSusanto, Tuis
dc.date.accessioned2017-02-13T04:18:51Z
dc.date.available2017-02-13T04:18:51Z
dc.date.issued2005-04-02
dc.identifier.citationSantoso, S, Tjiptono, F, 2001, Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS , PT Elex Media Komputindo , Jakarta Santoso, Singgih , 2002, Buku Latihan SPSS Statistik, PT Elex Media Komputindo , Jakarta Suryanto, 1998, Metode Statistika Multivariat, DJPT – PPLPTK, Jakarta Umar, Husein, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, JBRC, Jakarta Yamit, Zulian, 2001, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Ekonisa, Yogyakartain_ID
dc.identifier.issn0853-2850
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8189
dc.description.abstractToko dan Distribusi AIATRIX, merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang atau produk seperti layaknya Gudang Rabat, Supermarket, atau Swalayan. Mencari pelanggan sebanyak-banyaknya adalah target pemasaran MATRIX. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengelompokkan konsumen menjadi tiga golongan berdasarkan strata. Adapun strata yang diuji adalah jenis kelamin, usia, penghasilan, frekuensi berkunjung, nilai struk, jumlah anak, jumlah jam nonton TV, jumlah kartu kredit, kesukaan terhadap produk baru, layout swalayan, harga, pelayanan, kesetiaan [lama menjadi pelanggan], tingkat pendidikan dan variasi barang. Metode yang digunakan adalah multivariate dan cluster analysis. Metode ini sangat tepat untuk mencari segmen pasar di Tako dan Distribusi lvlATRIX. Berdasarkan hasil penelitian, pendeskripsian data dilakukan dengan metode deskriptif statistik, sedangkan hasilnya dibuat menjadi tiga kelompok pelanggan berdasarkan karakteristik data dari responden sebanyak 132 orang. Ke!ampok dengan anggota terbanyak akan dijadikan dasar dalam market segmentation. Berdasarkan hasil penelitian bahwa konsumen yang berkunjung ke A1ATRIX sebagian besar adalah perempuan dengan range usia 28 - 38 tahun dari kalangan ekonomi menengah dengan frekuensi berkunjung 3 - 4 kali dalam sebulan. Para konsumen sering membeli di Tako dan Distribusi MATRIX disebabkan pelayanan karyawan yang baik dan harga yang terjangkau. Maka strategi yang diterapkan perusahaan adalah menyediakan produk-produk yang disukai perempuan dengan usia 28 - 38 tahun dan prcduk yang harganya murah serta terjangkau.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherFakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectclusterin_ID
dc.subjectkonsumenin_ID
dc.subjectmarket segmentationin_ID
dc.titleEvaluasi Strata Konsumen Dengan Cluster Analysis (Studi Pada Toko dan Distribusi Matrix)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record