• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Gelagar
    • Volume 26 No 01 April 2012
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Gelagar
    • Volume 26 No 01 April 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Kinerja Layanan Pendidikan Dengan Skala Likert (Kasus Program Teknik Informatika Komputer)

    Thumbnail
    View/Open
    gelagar . vol 26 no 1 april 2012 suranto.pdf (4.436Mb)
    Date
    2012-04-21
    Author
    Suranto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mengevaluasi mutu layanan lembaga pendidikan terhadap konsumen. Penelitian ini ditekankan pada tiga aspek yaitu academic atmosphere (suasana akademis yang menunjukkan tingkat kepuasan peran dari seluruh sivitas akademika sebagai persyaratan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar yang kondusif). Labor market (yang ditunjukkan dengan langkah-langkah penyesuaian an tara kurikulum dan fasilitas penunjang dengan kebutuhan lapangan kerja), serta accountability (yang menunjukkan derajat kepedulian penyelenggaraan aktivitas di dalam institusi dengan tuntutan fungsi Tri Dharma pendidikan tinggi). Metode analasis yang digunakan validitas angket, reliabilitas dan skala likert tentang kesatuan dimensi dari sikap atau sifat yang diteliti. Obyek penelitian dilakukan pada lembaga pendidikan program studi teknik informatika komputer. Pengambilan data berdasarkan pada observasi, angket, dan interview. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 40 mahasiswa, terdiri atas 10 mahasiswa semester 2, 10 mahasiswa 4, 10 mahasiswa semester 6 dan 10 mahasiswa semester 8, di ambil secara random. Berdasarkan hasil analisis dengan skala likert, diperoleh hasil bahwa layanan sudah sangat memuaskan/sangat setuju (SP) ada 7 item kategori, Puas/setuju (P) ada 12 item kategori, dan Tidak Puas/Tidak Setuju ada 1item kategori. Satu item kategori tersebut bidang menghadirkan para ahli dan pakar dibidang komputer untuk memberi kualiah umum, motivasi, atau pengembangan diri mahasiswa. Disimpulkan bahwa lebih dari 95% pelayanan di program studi teknik informatika komputer telah memberikan kepuasan. Sekalipun telah mendapatkan 95% kepuasan dari pengguna, manajemen harus berusaha meningkatkan mutu pelayanan atas skor item yang kurang memuaskan dan mempertahankan bagi skor item yang telah memberikan kepuasan. Hasil penelitian ini merupakan sebagian dari peran QA (Quality Assurance) yang baru saja diterapkan secara aktif dan profesional di program studi dilembaga pendidikan di bawah kendali manajer peningkatan akademik (pembantu ketua I), agar peningkatan layanan terhadap konsumen semakin baik dan meningkatkan nilai akreditasi dan layanan pengguna.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8192
    Collections
    • Volume 26 No 01 April 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV