dc.contributor.author | Suranto | |
dc.date.accessioned | 2017-02-14T02:09:15Z | |
dc.date.available | 2017-02-14T02:09:15Z | |
dc.date.issued | 2012-04-21 | |
dc.identifier.citation | Djunaidi, M. 2004. Peningkatan Pembelajaran Efektif. Jurnal Ilmiah Teknik Industri UMS. Volume 3. No 6. April 2004, pp 60-61. Kottler, Philip, 1993. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, edisi ge, PT. Prehallindo, Jakarta, pp -110 Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta. Bandung, pp - 90. Suranto Djarwanto & Subagyo, 1996. Statistik Induktif. BPFE. UGM. Y ogyakarta, pp 113-114 . 2009. Mengukur Kinerja Pelayanan Pendidikan Dengan Skala Likert (Kasus Di Perguruan Tinggi X Program Studi Informatika Komputer), Jurnal Kaunia, volume VI, no 11 April 2010. Fakultas Sainstek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pp 1-12 | in_ID |
dc.identifier.issn | 0853-2850 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8192 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mengevaluasi mutu layanan lembaga pendidikan terhadap konsumen. Penelitian ini ditekankan pada tiga aspek yaitu academic atmosphere (suasana akademis yang menunjukkan tingkat kepuasan peran dari seluruh sivitas akademika sebagai persyaratan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar yang kondusif). Labor market (yang ditunjukkan dengan langkah-langkah penyesuaian an tara kurikulum dan fasilitas penunjang dengan kebutuhan lapangan kerja), serta accountability (yang menunjukkan derajat kepedulian penyelenggaraan aktivitas di dalam institusi dengan tuntutan fungsi Tri Dharma pendidikan tinggi). Metode analasis yang digunakan validitas angket, reliabilitas dan skala likert tentang kesatuan dimensi dari sikap atau sifat yang diteliti. Obyek penelitian dilakukan pada lembaga pendidikan program studi teknik informatika komputer. Pengambilan data berdasarkan pada observasi, angket, dan interview. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 40 mahasiswa, terdiri atas 10 mahasiswa semester 2, 10 mahasiswa 4, 10 mahasiswa semester 6 dan 10 mahasiswa semester 8, di ambil secara random. Berdasarkan hasil analisis dengan skala likert, diperoleh hasil bahwa layanan sudah sangat memuaskan/sangat setuju (SP) ada 7 item kategori, Puas/setuju (P) ada 12 item kategori, dan Tidak Puas/Tidak Setuju ada 1item kategori. Satu item kategori tersebut bidang menghadirkan para ahli dan pakar dibidang komputer untuk memberi kualiah umum, motivasi, atau pengembangan diri mahasiswa. Disimpulkan bahwa lebih dari 95% pelayanan di program studi teknik informatika komputer telah memberikan kepuasan. Sekalipun telah mendapatkan 95% kepuasan dari pengguna, manajemen harus berusaha meningkatkan mutu pelayanan atas skor item yang kurang memuaskan dan mempertahankan bagi skor item yang telah memberikan kepuasan. Hasil penelitian ini merupakan sebagian dari peran QA (Quality Assurance) yang baru saja diterapkan secara aktif dan profesional di program studi dilembaga pendidikan di bawah kendali manajer peningkatan akademik (pembantu ketua I), agar peningkatan layanan terhadap konsumen semakin baik dan meningkatkan nilai akreditasi dan layanan pengguna. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Layanan | in_ID |
dc.subject | Pendidikan | in_ID |
dc.subject | Likert | in_ID |
dc.title | Evaluasi Kinerja Layanan Pendidikan Dengan Skala Likert (Kasus Program Teknik Informatika Komputer) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |