COMPETENCY BASED TRAINING MENYIAPKAN MUTU LULUSAN BERBASIS SKILL (Masukan Bagi Program Vokasional)
Abstract
Pendekatan model pembelajaran yang tepat akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas, sehingga mampu menciptakan kreatifitas, partisipatifdan kolaboratif antara pengajar dan peserta didik.. Competency Based Training (CBT) memberikan bekal bagi mutu lulusan dalam ketrampilan dan keahlian yang akan di gunakan nienghadapi pasar kerja. Tujuan pembelajaran berbasis Competency Based Training nierupakan model peningkatan mutu pembelajaran dengan pembekalan pelatihan berbasis skill. Dalam makalah ini, penulis memaparkan konsep Competency Based Training dalam rangka peningkatan inutu peserta didik yang berbasis skill, Jurusan Teknik lndustri merupakan jurusan yang mengedepankan skill yang diimbangi dengan perancangan, pengembangan dan inovasi. Metode yang digunakan dalam konsep ini adalah intplementasi dan praktek kerja langsung di DUIDI (Dunia UsahalDunia Industri) atau praktikum di laboratorium yang relevan dengan pasar kerja. Pelaksanaan CBT memiliki manfaat yang besar bagi peserta didik, yaitu: I).menghasilkan tenaga kerja terampil, (2) memperkokoh kompetensi antara lulusan dengan dunia kerja, (3) meningkatkan efektifitas dan ejisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja berkualitas, (4) tnemberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan, 5), mulai dari dunia kerja, berakhir didunia kerja, 6) meningkatkan kualitas suntber daya ntanusia. 7) mendukung career center. 8) tnemperkecil kesenjangan keterampilan lulusan. 9) mendukung konsep "experience based learning (EBL) "