Show simple item record

dc.contributor.authorSuranto
dc.date.accessioned2017-03-01T01:46:46Z
dc.date.available2017-03-01T01:46:46Z
dc.date.issued2011-10-03
dc.identifier.citationDjojonegoro, Wardiman. 1997. Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Pembukaan Gebyar SMK ke-2. Makalah, Kendari 13 April 1997. pp 3-4 Dolaim, Adriyani, 2004. Pengangguran di Indonesia, Makalah Tugas Mata Kuliah Pendidikan Ketenagakerjaan. PPs Doktor UNY. Yogyakarta. pp 3-8 DP. Lilih, 2005. BLPT Jawa Timur Berbasis Life Skill. Makalah PPs UNY Yogyakarta, pp 3-5 Kristanto, 2005. Lulusan Siap Kerja Perlu Dukungan Industri. Makalah Selamat Berjuang Pendidikan Indonesia, pp 3-4 Nara. Burhan., 1989, Perencanaan Strategik, Seri Manajemen No. 93, Penerbit; PT. Pustaka Binamen Pressindo, Jakarta. pp 33-37 Nara. Nasrullah. 2004. Sekolah Kejuruan Mencetak Calon Juragan . Makalah Pebruari 2004. pp 4-6 Prihadiyoko . Imam. 2004. Mulai dari Dunia Kerja, Berakhir di Dunia Kerja. Makalah tidak di terbitkan. pp 4-7 . Satori. Djam'an. 2004. Implementasi Life Skills Pendidikan Di Sekolah. Makalah UNIMED. pp 3-8in_ID
dc.identifier.issn2301-8550
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8199
dc.description.abstractPendekatan model pembelajaran yang tepat akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas, sehingga mampu menciptakan kreatifitas, partisipatifdan kolaboratif antara pengajar dan peserta didik.. Competency Based Training (CBT) memberikan bekal bagi mutu lulusan dalam ketrampilan dan keahlian yang akan di gunakan nienghadapi pasar kerja. Tujuan pembelajaran berbasis Competency Based Training nierupakan model peningkatan mutu pembelajaran dengan pembekalan pelatihan berbasis skill. Dalam makalah ini, penulis memaparkan konsep Competency Based Training dalam rangka peningkatan inutu peserta didik yang berbasis skill, Jurusan Teknik lndustri merupakan jurusan yang mengedepankan skill yang diimbangi dengan perancangan, pengembangan dan inovasi. Metode yang digunakan dalam konsep ini adalah intplementasi dan praktek kerja langsung di DUIDI (Dunia UsahalDunia Industri) atau praktikum di laboratorium yang relevan dengan pasar kerja. Pelaksanaan CBT memiliki manfaat yang besar bagi peserta didik, yaitu: I).menghasilkan tenaga kerja terampil, (2) memperkokoh kompetensi antara lulusan dengan dunia kerja, (3) meningkatkan efektifitas dan ejisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja berkualitas, (4) tnemberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan, 5), mulai dari dunia kerja, berakhir didunia kerja, 6) meningkatkan kualitas suntber daya ntanusia. 7) mendukung career center. 8) tnemperkecil kesenjangan keterampilan lulusan. 9) mendukung konsep "experience based learning (EBL) "in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherFakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakartain_ID
dc.subjectCompetency Based Trainingin_ID
dc.subjectLife Skillin_ID
dc.subjectMutu Lulusanin_ID
dc.titleCOMPETENCY BASED TRAINING MENYIAPKAN MUTU LULUSAN BERBASIS SKILL (Masukan Bagi Program Vokasional)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record