Pengembangan Model Kompetensi Peningkatan Skill Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model kompetensi mahasiswa dalam rangka peningkatan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa. Model dikembangkan melalui doing praktek langsung) dan empowering (pemberdayaan). Langkah pengembangan meliputi: (1) desain model instrumen angket, dan validasi terhadap model, cengan pengukuran goodness of fit; (2) ujicoba model untuk mengukur efektifitas kerja modef. Validasi model diambil 40 mahasiswa yang mendapat perlakuan doing dan empowering dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Data dianalisis melalui konsep SEM (Structural Equation Metodeling yang digunakan dalam ujicobe lapangan adalah eksperimen semu, yaitu kelompok dan kelompok kontrol (pretest-posttest control group design). Subjek ujicoba sebanyak 20 mahasiswa pada program studi teknik informatika kelas requler yang dikenai program kompetensi disebut Comparative eksperimen dan 20 mahasiswa pada program studi teknik informatika komputer kelas sebagai kelompok kontrol yang tidak dikenei program kompetensi. Data dianalisis menggunakan untuk mengetahui perbedaan secara signifikan perlaku kelompok eksperimen dan kelompok control.
Hasil penelitian pengembangan model kornpetensi ini dinyatakan valid sesuai nilai probability . 0.0.781, Goodness of Fit Model (GFI) 0. 8265, Adjusted Goodness of Fit Index (AGFI) 0. 8760 Fit Index (CF/) 0. 9838, dan Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) 0..0.570.. Model dinilai efektif karena mampu meningkatkan kompetensi keterampi/an mahasiswa. Hasil analisis . Konfirmasi (CFA) menunjukkan bahwa setiap variabel laten terbukti dibentuk ofeh manifest-manifes satu Model diterapkan memiliki dampak kecenderungan positif dalam rangka peningkatan
mahasiswa, sete/ah mendapat perlakuan program kompeiensi. Variabel laten capaian hasil direfleksikan oleh menites: (1) siap kerje, (2) mandiri berwireusene, (3) keterampi!an manajerial kompetensi lulusan, (5) indeks presiesi, (6) mental kreatif dan inovatif