• Login
    View Item 
    •   Home
    • Fakultas Teknik
    • Teknik Industri
    • Suranto
    • View Item
    •   Home
    • Fakultas Teknik
    • Teknik Industri
    • Suranto
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Kompetensi Peningkatan Skill Mahasiswa

    Thumbnail
    View/Open
    Suranto_UIN SUSKA RIAU SNTIKI 4, 3 OKTOBER 2012.pdf (5.521Mb)
    Date
    2012-10-03
    Author
    Suranto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mengembangkan model kompetensi mahasiswa dalam rangka peningkatan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa. Model dikembangkan melalui doing praktek langsung) dan empowering (pemberdayaan). Langkah pengembangan meliputi: (1) desain model instrumen angket, dan validasi terhadap model, cengan pengukuran goodness of fit; (2) ujicoba model untuk mengukur efektifitas kerja modef. Validasi model diambil 40 mahasiswa yang mendapat perlakuan doing dan empowering dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Data dianalisis melalui konsep SEM (Structural Equation Metodeling yang digunakan dalam ujicobe lapangan adalah eksperimen semu, yaitu kelompok dan kelompok kontrol (pretest-posttest control group design). Subjek ujicoba sebanyak 20 mahasiswa pada program studi teknik informatika kelas requler yang dikenai program kompetensi disebut Comparative eksperimen dan 20 mahasiswa pada program studi teknik informatika komputer kelas sebagai kelompok kontrol yang tidak dikenei program kompetensi. Data dianalisis menggunakan untuk mengetahui perbedaan secara signifikan perlaku kelompok eksperimen dan kelompok control. Hasil penelitian pengembangan model kornpetensi ini dinyatakan valid sesuai nilai probability . 0.0.781, Goodness of Fit Model (GFI) 0. 8265, Adjusted Goodness of Fit Index (AGFI) 0. 8760 Fit Index (CF/) 0. 9838, dan Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) 0..0.570.. Model dinilai efektif karena mampu meningkatkan kompetensi keterampi/an mahasiswa. Hasil analisis . Konfirmasi (CFA) menunjukkan bahwa setiap variabel laten terbukti dibentuk ofeh manifest-manifes satu Model diterapkan memiliki dampak kecenderungan positif dalam rangka peningkatan mahasiswa, sete/ah mendapat perlakuan program kompeiensi. Variabel laten capaian hasil direfleksikan oleh menites: (1) siap kerje, (2) mandiri berwireusene, (3) keterampi!an manajerial kompetensi lulusan, (5) indeks presiesi, (6) mental kreatif dan inovatif
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8212
    Collections
    • Suranto

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV