• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS VII 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS VII 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengetahuan Mahasiswa Tentang Sensitivitas Perubahan Iklim

    Thumbnail
    View/Open
    39_Febriyana Niken Yuliartika.pdf (5.496Mb)
    Date
    2016-06-04
    Author
    Yuliartika, Febriyana Niken
    Sekartaji, Ayu
    Arozaq, Miftahul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bencana hidrometrologi yang terjadi di Indonesia salah satu penyebabnya adanya akibat dampak perubahan iklim. Perubahan iklim yang berdampak akibat adanya pemanasan global sangat penting dilakukan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim oleh Pemerintah Indonesia. Fokus pemerintah dalam pemahaman dan penyadaran perubahan iklim salah satunya dengan memberikan pembelajaran perubahan iklim kependidikan formal maupun nonformal. Salah satunya perlunya pengetahuan mahasiswa terkait sensitivitas perubahan iklim global di perguruan tinggi. Metode yang dilakukan yaitu survai, dengan Obyek lokasi penelitian di Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS. Adapun pengambilan data penelitian menggunakan angket atau kuisioner dengan jumlah sampel mahasiswa sebagai responden sebanyak 103 orang dari keseluruhan populasi mahasiswa aktif sebanyak 307 orang. Pengolahan data dalam mendapatkan gambaran pengetahuan mahasiswa terkait pengetahuan perubahan iklim mendasarkan pada empat indicator meliputi indikator pengertian tentang perubahan iklim, proses terjadinya perubahan iklim, dampak perubahan iklim, serta adaptasi-mitigasi perubahan iklim. Hasil dari analisis pengetahuan mahasiswa pendidikan geografi tentang sensitivitas perubahan iklim rata-rata pengetahuannya sedang, dari jumlah 103 responden, diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa tingkat pengetahuan mengenai perubahan iklim mayoritas berada dalam kategori sedang, yaitu sebesar 71,84% sementara kategori rendah sebanyak 1,94%, dan kategori tinggi sebanyak 26,21%. Kesimpulan pengetahuan perubahan iklim mahasiswa pendidikan geografi belum optimal dipahami oleh mahasiswa, perlunya aktivitas sensitivitas di implementasikan mahasiswa dirumah, dikampus, dan dimasyarakat sekitar agar lebih mampu memahami pengetahuan sensitivitas perubahan iklim.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8580
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS VII 2016

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV