• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Suhuf
    • Volume 17 No. 01, Mei 2005
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Suhuf
    • Volume 17 No. 01, Mei 2005
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (Optimalisasi Kinerja Dosen Dalam Pembelajaran Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta)

    Thumbnail
    View/Open
    7. ZAENAL ABIDIN.pdf (207.5Kb)
    Date
    2005-05
    Author
    Abidin, Zaenal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada umumnya implementasi strategi pembelajaran aktif di Perguruan Tinggi masih bersifat paedagogis, akan tetapi tidak demikian halnya proses pembelajaran di Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Oleh sebab itu menarik untuk diteliti mengenai. Setelah diteliti diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, upayaupaya dosen FAI dalam menerapkan strategi pembelajaran aktif meliputi: (1) pembuatan course outline dan lesson plan, (2) penyiapan alat-alat dan media pembelajaran, (3) penerapan strategi-strategi pembelajaran aktif yang berupa strategi Group Resume, Point Conter Point, Snowballing, Reading Guide, Modeling the Way, Jigsaw Learning, Every one is a teacher here, Brainstorming & Elisitasi, Physical Self Assesment, Problem Solving dan Kolaborasi, dan (4) pelaksanaan evaluasi yang sesuai dengan pembelajaran orang dewasa. Kedua, berbagai upaya dosen FAI dalam penerapan strategi pembelajaran aktif telah menumbuhkan suasana pembelajaran yang merangsang keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran, berupa aktifitas-aktifitas belajar yang berciri: (a) mandiri dan mengarahkandiri, (b) partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok, (c) bersikap kritis dan kreatif, (d) melakukan kolaborasi, (e) beraktifitas dan mengalami (action learning), dan (f ) melakukan evaluasi-diri atau refleksi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/860
    Collections
    • Volume 17 No. 01, Mei 2005

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV