STRATEGI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (Optimalisasi Kinerja Dosen Dalam Pembelajaran Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Abstract
Pada umumnya implementasi strategi pembelajaran aktif di
Perguruan Tinggi masih bersifat paedagogis, akan tetapi tidak demikian
halnya proses pembelajaran di Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas
Muhammadiyah Surakarta (UMS). Oleh sebab itu menarik untuk diteliti
mengenai. Setelah diteliti diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, upayaupaya
dosen FAI dalam menerapkan strategi pembelajaran aktif
meliputi: (1) pembuatan course outline dan lesson plan, (2) penyiapan
alat-alat dan media pembelajaran, (3) penerapan strategi-strategi
pembelajaran aktif yang berupa strategi Group Resume, Point Conter
Point, Snowballing, Reading Guide, Modeling the Way, Jigsaw Learning,
Every one is a teacher here, Brainstorming & Elisitasi, Physical Self
Assesment, Problem Solving dan Kolaborasi, dan (4) pelaksanaan
evaluasi yang sesuai dengan pembelajaran orang dewasa.
Kedua, berbagai upaya dosen FAI dalam penerapan strategi
pembelajaran aktif telah menumbuhkan suasana pembelajaran yang
merangsang keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran, berupa
aktifitas-aktifitas belajar yang berciri: (a) mandiri dan mengarahkandiri,
(b) partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok, (c) bersikap kritis
dan kreatif, (d) melakukan kolaborasi, (e) beraktifitas dan mengalami
(action learning), dan (f ) melakukan evaluasi-diri atau refleksi.