Show simple item record

dc.contributor.authorAbidin, Zaenal
dc.date.accessioned2012-04-18T07:33:40Z
dc.date.available2012-04-18T07:33:40Z
dc.date.issued2005-05
dc.identifier.citationSUHUF, Vol. XVII, No. 01/Mei 2005: 75-85 84 Asmin. 2004. Konsep & Metode Pembelajaran untuk Orang Dewasa, http/ www.pdk.go.id/jurnal/34/konsep dan metode pembelajaran htm/ akses 13/ 7/2004 Barmawy Munthe, et al. 1996 Active Learning. Yogyakarta : Yappendis Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Desain, Principles and Aplication. New Jersey: Educational Technology Publication. Chalmers, Denise dan Richard Fuller. 1996. Teaching for Learning at University. Theory and Practice. London : Penten Ville Road. Conny Semiaawan, et al. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar, Jaakarta: PT. Gramedia Cranton, Patricia. 1989. Planning Instruction for Adult Learners. Toronto: Wall & Emerson, Inc. ———. 1992. Working With Adult Learners. Toronto: Wall & Emerson, Inc. De Porter Boblei dan Mike Hernacki. 1992. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa. Gagne, Robert M., Leslie J. Briggs, Walter W. Wager. 1992. Principles of Instructional Design. Toronto: Harcourt Brace Jovenovich Colege Publishers. Hisyam Zaini et al. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi Yogyakarta. CTSD, IAIN Sleman Kalijaga : Yogya. ______, .2002. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Knowles, Malcom. 1997. The Modern Practice of Adult Education Andragogy versus Paedagogy. New York : Association Press. Lexy J., Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda. Mansour Fakih dkk. 2001. Pendidikan Populer : Membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta : Read Books. Insist dan Pact. Mezirow, J, and Associates. 1990. Fostering Critical Reflection in Adulthood. San Francisco: Jossey-Bass. Pressley, Michael. 1995. Cognitive Strategy Instruction that Really Improves Children’s Academic Performance. Cambridge: Brooklines book. Ramsden, P. 1992. Learning to Teach in Higher Education. New York: Routiedge. Silberman, Melvin L 1996. Active Learning : 101 Strategies to Teach Any Subject Toronto : Allyn Bacon. Soetarno Joyoatmojo. 2003. Pembelajaran Efektif: Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Menuju Penyediaan sumber Daya Insani yang Unggul. Pidato Pengukuhan Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tanggal 24 Mei 2003. Weston, C dan Patricia Cranton. 1986. Selecting Instruction Strategies, Journal of Higher Education. 57(3) 259-298 Barmawy Munthe, et al. 1996 Active Learning. Yogyakarta : Yappendis Suryadi. 1983. Membuat Siswa Aktif Belajar. Bandung : Bina Cipta. Sutherland Peter. 1998. Adult Learning : A Reader. London : Kogan. Weston, C dan Patricia Cranton. 1986. Selecting Instruction Strategies, Journal of Higher Education. 57(3) 259-298en_US
dc.identifier.issn0852-368X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/860
dc.description.abstractPada umumnya implementasi strategi pembelajaran aktif di Perguruan Tinggi masih bersifat paedagogis, akan tetapi tidak demikian halnya proses pembelajaran di Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Oleh sebab itu menarik untuk diteliti mengenai. Setelah diteliti diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, upayaupaya dosen FAI dalam menerapkan strategi pembelajaran aktif meliputi: (1) pembuatan course outline dan lesson plan, (2) penyiapan alat-alat dan media pembelajaran, (3) penerapan strategi-strategi pembelajaran aktif yang berupa strategi Group Resume, Point Conter Point, Snowballing, Reading Guide, Modeling the Way, Jigsaw Learning, Every one is a teacher here, Brainstorming & Elisitasi, Physical Self Assesment, Problem Solving dan Kolaborasi, dan (4) pelaksanaan evaluasi yang sesuai dengan pembelajaran orang dewasa. Kedua, berbagai upaya dosen FAI dalam penerapan strategi pembelajaran aktif telah menumbuhkan suasana pembelajaran yang merangsang keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran, berupa aktifitas-aktifitas belajar yang berciri: (a) mandiri dan mengarahkandiri, (b) partisipasi aktif dalam kegiatan kelompok, (c) bersikap kritis dan kreatif, (d) melakukan kolaborasi, (e) beraktifitas dan mengalami (action learning), dan (f ) melakukan evaluasi-diri atau refleksi.en_US
dc.subjectFAIen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectaktifen_US
dc.titleSTRATEGI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (Optimalisasi Kinerja Dosen Dalam Pembelajaran Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record