Show simple item record

dc.contributor.authorKusbiyantoro, Rahmad
dc.contributor.authorAchmadi, Fuad
dc.date.accessioned2017-05-12T01:30:05Z
dc.date.available2017-05-12T01:30:05Z
dc.date.issued2017-03-22
dc.identifier.citationBernal, Luis dan Dornberger, Utz (2009), Quality Function Deployment (QFD) for Services – Handbook, Universitat Leipzig Cohen, Lou, 1995. Quality Function Deployment, How to Make QFD Work for You. New York: Addison-Wesley Publishing Company. Garvin, D. A, 1987. Competing on the Eight Dimensions of Quality. Harvard Business Review Gasperz, V, 2002. Total Quality Management, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Kotler, P, 2006. Marketing Management, Millenium Edition, New Jersey: Prentice Hall International, Inc. Kurniawati, Dewi Aprilia dan Singgih, Moses Laksono (2015), “Integrasi Servqual, IPA dan QFD Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Pelayanan Unit Pembiayaan di Bank Syariah”, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIII, Program Studi MMT-ITS, Surabaya, hal. A-58-1 - A-58-8 Lowe, A. J & Ridgway, 2000. Quality Function Deployment, diakses melalui www.google.co.id Moh. Nasir, PhD, 1999. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia Parasuraman, A., L. L. Berry & V. A. Zeithaml, 1991. Refinement and Reassessment of the SERVQUAL Scale, Journal of Retailing, vol 67, no. 4, pp. 420-450. Rangkuti, Freddy (2002). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN-JP. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Schnaars, S. P, 1991. Marketing Strategy: A Customer Driven Approach. New York: the Free Press Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta. Vorasaiharit, Nantapatr dan Thawesaengskulthai, Natcha (2016), “Integration of SERVQUAL Model with Quality Function Deployment to enhance Library’s Service Quality”, International Conference on Engineering Technologies and Big Data Analytics (ETBDA’2016), hal. 78-84 Wijaya, Tony, 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8631
dc.description.abstractKertas Art Paper adalah kertas HVS yang diberikan coating/ salut untuk memperbaiki visual kertas. PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk adalah salah satu produsen kertas Art Paper yang ada di Jawa Timur. Untuk memenangkan persaingan industri salah satu faktornya adalah meningkatkan kualitas produk. Kualitas produk yang baik adalah kualitas yang dibutuhkan oleh konsumen/ pelanggan. Namun usaha tersebut terkadang masih belum cukup untuk dapat memuaskan pelanggan, hal ini terbukti dengan masih banyaknya komplain atau keluhan pelanggan yang masih ada tiap bulannya. Maka dari itu berdasarkan permasalahan di atas maka peneliti akan melakukan penelitian di PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk khusus membahas tentang masalah atau keluhan penggunaan kertas Art Paper, agar dapat diketahui hal apa yang dibutuhkan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kualitas kertas tersebut. Metode yang dilakukan peneliti adalah mengintegrasikan Customer Satisfaction Index (Indeks Kepuasan Pelanggan) dan Quality Function Deployment (QFD). Customer Satisfaction Index (CSI) yang didapatkan dari customer domestik sebesar 79,9% yang berarti puas. Perbaikan dengan QFD didapatkan, Minimalisasi defect dengan kontrol yang ketat (21,4%), Penambahan OBA (Optical Brightness Agent) (9,3%), Perbaikan formasi kertas (16,7%), Setting NIP Press pada Calendar roll (14,7%), Refine serat kertas (14,6%), Spesifikasi kertas menyesuaikan dengan kebutuhan printing masa kini (16,8%), SOP yang jelas di area finishing dan gudang (6,4%).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectArt Paperin_ID
dc.subjectCSIin_ID
dc.subjectHoQin_ID
dc.subjectKualitasin_ID
dc.subjectQFDin_ID
dc.titleAnalisis Perbaikan Kualitas Kertas Art Paper di PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk Berdasarkan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Quality Function Deployment (QFD)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record