Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige Guna Menentukan Level Keunggulan Perusahaan
View/ Open
Date
2017-03-22Author
Simanjuntak, Risma Adelina
Budiastawa, I Kadek Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengukuran kinerja (performance measurement) ialah penggunaan bukti secara statistik untuk
memutuskan kemajuan yang sudah ditentukan oleh tujuan organisasi. Pada kesempatan ini
penulis mencoba mengukur sistem kinerja berdasarkan kriteria Malcolm Baldrige pada
Depertment Store & Supermarket XXX. Malcolm Baldrige adalah salah satu tools untuk
peningkatan kinerja organisasi secara keseluruhan dan terus menerus (continously
improvement). Tujuh kriteria Malcolm Baldrige yang digunakan adalah Kepemimpinan,
Perencanaan Strategis, Fokus Pasar dan Pelanggan, Pengukuran, Analisis dan Manajemen
Pengetahuan, Fokus Sumber Daya Manusia, Manajemen Proses dan Result. Ketujuh kriteria
tersebut dievaluasi melalui A-D-L-I (Approach, Deployment, Learning, Integration) dan untuk
kriteria hasil dievaluasi melalui L-T-C-I (Level, Trend, Comparation, Integration), sehingga
diperoleh skor total yang menunjukkan posisi perusahaan.
Berdasarkan hasil penilaian dari ketujuh kriteria di atas perusahaan memperoleh poin sebesar
341,4 poin. Hal tersebut menunjukan posisi perusahaan berada pada level keunggulan Early
Result