• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Desain Kemasan Celengan Lemah Untuk Meningkatkan Impulsive Buying Menggunakan Metode Pugh dan Kansei Words

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO 004.pdf (318.9Kb)
    Date
    2017-03-22
    Author
    Rahmawati, Puput
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Celengan lemah selain sebagai mainan tradisional yang menopang perekonomian para produsen dan pedagang, juga memiliki banyak filosofi bagi para konsumen. Namun dewasa ini produk celengan lemah mulai tergeser oleh produk-produk celengan berbahan dasar plastik maupun aluminium. Hal tersebut membuat para produsen dan pedagang mengalami penurunan pemasukan. Apabila dibiarkan maka celengan lemah salah satu ikon tradisional dan mata pencaharian akan kehilangan para pembelinya. Dalam menghadapi persaingan terhadap produk-produk celengan produksi pabrik skala besar, dibutuhkan improvement terhadap produk tersebut. Impulsive buying sebagai salah satu faktor dalam meningkatkan point of sales harus diupayakan agar dapat meningkatkan minat pembelian celengan lemah. Tujuan peneliatian ini adalah untuk meningkatkan impulsive buying terhadap produk celengan lemah, yaitu dengan membuat desain kemasan yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pugh dan kansei words. Kansei words digunakan untuk menentukan kata-kata kansei yang menjadi kriteria dalam input morphology chart. Hasil pengolahan data terhadap penyebaran kuesioner didapatkan lima kriteria yang terpilih untuk desain kemasan celengan lemah. Lima kriteria terpilih adalah bentuk dasar kotak, dimensi yang tidak besar, warna yang cerah, material yang tahan benturan dan air, serta tambahan fitur. Terdapat tiga alternatif konsep dengan kolaborasi berdasarkan penilaian subjective. Kriteria bentuk kemasan terdiri atas kotak balok tertutup, kotak balok dengan display transparan bagian depan, dan kotak balok dengan display transparan di setiap sisi. Kriteria dimensi terdiri atas tidak ada toleransi ukuran kemasan dengan celengan lemah, toleransi 0,5 cm antara kemasan dan celengan lemah, dan toleransi 1 cm antara kemasan dan celengan lemah. Kriteria material terdiri atas material kayu dengan alas FE Poam serta material kayu 100%. Kriteria fitur terdiri atas tambahan kata-kata motivasi / tagline, dan informasi filosofi produk. Berdasarkan hasil penyaringan konsep menggunakan metode Pugh, konsep yang terpilih adalah konsep 3, yaitu bentuk kotak balok dengan display transparan pada setiap sisi, dimensi yang masing-masing sisi ditambahkan 1 cm, material dari kayu dengan tambahan FE Poam pada bagian alas, tambahan fitur kata-kata motivasi pada kemasan, serta pemberian warna yang cerah. Pada tahap akhir dilakukan survey probabilitas peluang untuk mengetahui kemungkinan konsumen membeli produk celengan lemah jika dikemas menggunakan inovasi desain kemasan yang telah diteliti. Persentase probabilitasnya adalah sebesar 57,9%, yaitu celengan lemah dengan desain kemasan baru berpeluang diterima oleh pasar. Penelitian selanjutnya dapat dilakuan dengan meminimasi subjectivitas dalam pembuatan alternatif konsep morphology chart dengan melibatkan emosi customers.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8728
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV