Perancangan Ulang Fasilitas Belajar Pada Taman Kanak-Kanak Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus TK Islam Silmi Samarinda)
View/ Open
Date
2017-03-22Author
Fathimahhayati, Lina Dianati
Khurrohmah M., Mifta
Utomo, Dutho Suh
Metadata
Show full item recordAbstract
TK Islam Silmi Samarinda merupakan sekolah yang memberikan pendidikan untuk anak usiadini, yang berumur sekitar 4-6 tahun. Fasilitas ruang belajar yang baik dapat berperansebagai pendukung kegiatan belajar-mengajar, sehingga kegiatan belajar-mengajar tersebudapat berjalan dengan optimal. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka penelitian indilakukan dengan tujuan merancang ulang fasilitas belajar pada taman kanak-kanakkhususnya meja dan kursi belajar dengan cara menentukan spesifikasinya melalupendekataan metode kansei engineering. Langkah-langkah yang dilakukan dalam metodekansei engineering yaitu, pengumpulan kansei word, penyebaran kuesioner semantic
differential I, uji validitas, uji reliabilitas, penyebaran kuesioner semantic differential II, dananilisis conjoint. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah kansei word yang diperoleh sebanyak14 pasang. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas didapatkan 5 pasang kansei wordyakni murah–mahal, sederhana–komplek, modern–tradisional, satu fungsi–multifungsi, danluas-sempit. Berdasarkan hal tersebut, spesifikasi desain yang akan dibuat yakni bahankerangka dari stainless steel, warna yang bermotif, dan sarana pendukung berupa meja yangbisa dilipat.