dc.contributor.author | Fathimahhayati, Lina Dianati | |
dc.contributor.author | Khurrohmah M., Mifta | |
dc.contributor.author | Utomo, Dutho Suh | |
dc.date.accessioned | 2017-06-02T02:25:28Z | |
dc.date.available | 2017-06-02T02:25:28Z | |
dc.date.issued | 2017-03-22 | |
dc.identifier.citation | Kuswana, W.S., 2014. Ergonomi dan K3. PT Remaja Rosdakarya: Bandung. Nagamachi, M., 2011. Kansei/Affective Engineering. CRC Press: New York. Restantin, N.Y., Ushada, M., Ainuri, M., 2012. Desain Prototipe Meja dan Kursi Pantai Portabel dengan Integrasi Pendekatan Ergonomi, Value Engineering dan Kansei Engineering, JurnalTeknik Industri, Vol. 14 No. 1 hh.53-62. Santoso, G., 2013. Ergonomi Terapan, Prestasi Pustakarya, Jakarta. Schütte, S, 2005. Engineering Emotional Values in Product Design. UniTryck: Lincköping. Silvia, Matondang, R., Listiani, N.H., 2014. Redesain Meja dan Kursi Berdasarkan Antropometri: Kasus SD Negeri X, Jurnal Teknik Industri, Vol. 3 No. 2 hh.47-52. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2337-4349 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8729 | |
dc.description.abstract | TK Islam Silmi Samarinda merupakan sekolah yang memberikan pendidikan untuk anak usiadini, yang berumur sekitar 4-6 tahun. Fasilitas ruang belajar yang baik dapat berperansebagai pendukung kegiatan belajar-mengajar, sehingga kegiatan belajar-mengajar tersebudapat berjalan dengan optimal. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka penelitian indilakukan dengan tujuan merancang ulang fasilitas belajar pada taman kanak-kanakkhususnya meja dan kursi belajar dengan cara menentukan spesifikasinya melalupendekataan metode kansei engineering. Langkah-langkah yang dilakukan dalam metodekansei engineering yaitu, pengumpulan kansei word, penyebaran kuesioner semantic
differential I, uji validitas, uji reliabilitas, penyebaran kuesioner semantic differential II, dananilisis conjoint. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah kansei word yang diperoleh sebanyak14 pasang. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas didapatkan 5 pasang kansei wordyakni murah–mahal, sederhana–komplek, modern–tradisional, satu fungsi–multifungsi, danluas-sempit. Berdasarkan hal tersebut, spesifikasi desain yang akan dibuat yakni bahankerangka dari stainless steel, warna yang bermotif, dan sarana pendukung berupa meja yangbisa dilipat. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Kansei Engineering | in_ID |
dc.subject | Kursi | in_ID |
dc.subject | Meja | in_ID |
dc.subject | Taman Kanak-kanak | in_ID |
dc.title | Perancangan Ulang Fasilitas Belajar Pada Taman Kanak-Kanak Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus TK Islam Silmi Samarinda) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |