Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal Kalkulus Peubah Banyak khususnya pada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika semester tiga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil dari mahasiswa program studi Pendidikan Matematika semester tiga FKIP UMS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal kalkulus peubah banyak. Pertama, sebesar 13% mahasiswa mengalami kesulitan dalam aspek perseverasi, yaitu: mahasiswa tidak dapat berkonsentrasi dalam mengerjakan soal, tidak bisa memperkirakan waktu saat mengerjakan, serta mahasiswa kurang teliti dalam menuliskan jawabannya. Kedua, sebesar 14,5% mahasiswa mengalami kesulitan dalam aspek pemahaman konsep, meliputi: (1) kesulitan dalam memaknai soal, yaitu mahasiswa masih bingung dalam menentukan konsep yang tepat untuk menyelesaikan soal; (2) kesulitan mengingat konsep. Ketiga, sebesar 18% mahasiswa mengalami kesulitan dalam aspek perhitungan meliputi: (1) kesulitan dalam menghitung turunan, yaitu mahasiswa belum dapat menurunkan suatu fungsi; (2) kesulitan dalam operasi hitung, yaitu mahasiswa kurang teliti dalam menghitung operasi perkalian.