dc.identifier.citation | [1] Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. [2] Abidin, Zainal. 2012. Analisis kesalahan mahasiswa prodipendidikan matematika fakultas tarbiyah iain ar-raniry dalam mata kuliah trigonometri dan kalkulus I. Jurnal ilmiah didaktika, 12, 1, 183-196. [3] Carlson, P.M., Madison, B., & West, D.R. 2015. A Study of Students Readiness to Learn Calculus. Math Edu., 1, 209-233. [4] Gafoor, K. Abdul dan Kurukkan Abidha. 2015. Learner and Teacher Perception on Difficulties in Teaching Mathematocs: Some Implications.Nasional Conference on Mathematics Teaching-Approacher and Challenges, 233-242. [5] GanalNicette N. danMarissa R.Guiab.2014. ProblemsAndDifficulties EncounteredBy StudentsTowardsMasteringLearningCompetenciesIn Mathematics. International Refereed ResearchJournal, 5, 4, 25-37. [6] Hashemi, N., Abu Mohd S., Kashefi, H., & Rahimi, K. 2014. Undergraduate Students’ Difficulties in Conceptual Understanding of Derivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143 ( 2014 ) 358 – 366. [7] Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar. Jakarta: Ghalia Indonesia.. [8] Jupri, A., Drijvers, P., & Heuvel-Panhuizen, M. van den. 2014. Student Difficulties in Solving Equations from an Operational and a Structural Perspective. Mathematics Education, 9, 1, 39-55. [9] Kumalasari, Ade & Sugiman. 2015.Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2, 1, 16–27. [10] Lestari, S.B.A. 2015 . Analisis Kesulitan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pasuruan pada Pokok Bahasan Teknik Pengintegralan. Jurnal Psikologi, 3, 1, 20-27. [11] Phonapichat, P. , Wongwanich, S., & Sujiva, S. 2014. An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving. Procedia Social and Behavioral Sciences, 116 (2014) 3169 – 3174. [12] Sutopo. 2014. Pemahaman Masalah Kalkuklus Pada Mahasiswa Tadris Matematika Lain Tulungagung. Elementary, 1, 1, 123-141. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal Kalkulus Peubah Banyak khususnya pada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika semester tiga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil dari mahasiswa program studi Pendidikan Matematika semester tiga FKIP UMS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal kalkulus peubah banyak. Pertama, sebesar 13% mahasiswa mengalami kesulitan dalam aspek perseverasi, yaitu: mahasiswa tidak dapat berkonsentrasi dalam mengerjakan soal, tidak bisa memperkirakan waktu saat mengerjakan, serta mahasiswa kurang teliti dalam menuliskan jawabannya. Kedua, sebesar 14,5% mahasiswa mengalami kesulitan dalam aspek pemahaman konsep, meliputi: (1) kesulitan dalam memaknai soal, yaitu mahasiswa masih bingung dalam menentukan konsep yang tepat untuk menyelesaikan soal; (2) kesulitan mengingat konsep. Ketiga, sebesar 18% mahasiswa mengalami kesulitan dalam aspek perhitungan meliputi: (1) kesulitan dalam menghitung turunan, yaitu mahasiswa belum dapat menurunkan suatu fungsi; (2) kesulitan dalam operasi hitung, yaitu mahasiswa kurang teliti dalam menghitung operasi perkalian. | in_ID |