EFEKTIFITAS KELAS PENDAMPINGAN DALAM UPAYA MENGATASI PROBLEM BELAJAR DENGAN PENDEKATAN INKLUSIF
Abstract
Konsep pendidikan inklusif di SD plus Al Firdaus dilaksanakan
oleh kelas pendampingan. Kelas pendarnpingan ditangani oleh SDM
yang terdiri dari guru khusus, Okupasi Terapi (OT) dan psikolog. Mereka
bekerja sama dengan komponen sekolah untuk memberikan layanan
secara khusus kepada anak yang membutuhkan. Untuk mempermudah
dalam memberikan pelayanan kepada anak yang mengalami problem
belajar, maka anak dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu anak yang
mengalami kesulitan belajar, hambatan belajar dan lamban belajar.
Masing-masingjenis akan mendapatkan program layanan secara khusus.
Kelas pendampingan agar berfungsi secara efektif dan efisien
mensyaratkan rumusan standar sebagai berikut; rumusan tujuan yang
jelas, sasaran, target, mekanisme kerja, program pelayanan khusus yang
diberikan. SDM. Sarana prasarana dan batasan pelaksanaan program.