Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas X Dalam Mengerjakan Soal Logaritma dan Alternatif Pemecahannya
Abstract
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui letak kesulitan peserta didik kelas X dalammengerjakan soal logaritma. 2) Untuk mengetahui alternatif pemecahan dalam mengatasikesulitan peserta didik kelas X dalam mengerjakan soal logaritma. Penelitian ini menggunakanmetode deskriptif kualitatif, yang dilakukan di SMK N 3 Salatiga. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas X O3. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes siswa danhasil wawancara. Subyek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling (sample
bertujuan). Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah menelaah seluruh data, reduksi data,menyusun data dalam satuan-satuan, dan memeriksa keabsahan data. Validasi data dilakukandengan triangulasi data. Data tentang kesalahan masing-masing subyek dilakukan tes diagnosis.Jawaban siswa dianalisis untuk mendapatkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada materilogaritma. Hasil penelitian: (1) Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soallogaritma: (i) kesalahan membaca soal, (ii) kesalahan memilih langkah penyelesaian, (2)Penyebab siswa melakukan kesalahan: (i) kesalahan membaca soal, disebabkan karena tidakmemahami apa yang dimaksud di dalam soal, (ii) kesalahan memilih langkah penyelesaian,disebabkan belum memahami penerapan sifat logaritama. (3) Alternatif solusi: (i) peningkatanintensitas latihan mengerjakan soal logaritma, (ii) pendalaman materi pokok logaritma.