dc.contributor.author | Mutholib, Ahmad Abdul | |
dc.date.accessioned | 2017-06-16T06:11:20Z | |
dc.date.available | 2017-06-16T06:11:20Z | |
dc.date.issued | 2017-03-18 | |
dc.identifier.citation | Earl V, Pullias dan James D. Young. 1968. A Teacher Is Many Things. Ladder Edition. American. Shoimin, Aris. 2014. Guru Berkarakter Untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Gava Media Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8781 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui letak kesulitan peserta didik kelas X dalammengerjakan soal logaritma. 2) Untuk mengetahui alternatif pemecahan dalam mengatasikesulitan peserta didik kelas X dalam mengerjakan soal logaritma. Penelitian ini menggunakanmetode deskriptif kualitatif, yang dilakukan di SMK N 3 Salatiga. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas X O3. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes siswa danhasil wawancara. Subyek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling (sample
bertujuan). Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah menelaah seluruh data, reduksi data,menyusun data dalam satuan-satuan, dan memeriksa keabsahan data. Validasi data dilakukandengan triangulasi data. Data tentang kesalahan masing-masing subyek dilakukan tes diagnosis.Jawaban siswa dianalisis untuk mendapatkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada materilogaritma. Hasil penelitian: (1) Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soallogaritma: (i) kesalahan membaca soal, (ii) kesalahan memilih langkah penyelesaian, (2)Penyebab siswa melakukan kesalahan: (i) kesalahan membaca soal, disebabkan karena tidakmemahami apa yang dimaksud di dalam soal, (ii) kesalahan memilih langkah penyelesaian,disebabkan belum memahami penerapan sifat logaritama. (3) Alternatif solusi: (i) peningkatanintensitas latihan mengerjakan soal logaritma, (ii) pendalaman materi pokok logaritma. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Analisis Kesulitan | in_ID |
dc.subject | Logaritma | in_ID |
dc.subject | Alternatif Pemecahan | in_ID |
dc.title | Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas X Dalam Mengerjakan Soal Logaritma dan Alternatif Pemecahannya | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |